The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Indahnya Sendiki, Pantai Sepi Sekaligus Spot Camping Tersembunyi
Salah satu pantai cantik di Malang (Robi Juniarta/IDZ Creators)
Travel

Indahnya Sendiki, Pantai Sepi Sekaligus Spot Camping Tersembunyi

Kamis, 31 Maret 2022 12:20 WIB 31 Maret 2022, 12:20 WIB

INDOZONE.ID - Malang memang dikenal punya banyak pantai indah. Sebut saja pantai Teluk Asmara, Pantai Tiga Warna, Pantai Balekambang, dan masih banyak lagi. Kalau mau healing dan mencari ketenangan, berarti kamu harus kunjungi Pantai Sendiki yang terkenal sepi. Hamparan pasir putih halus dan bersih, membentang luas di Pantai Sendiki.

pantai sendiki
Pantai sepi berpasir putih (Robi Juniarta/IDZ Creators)

Pantai Sendiki terletak di wilayah Tambakrejo, Sumberwajing Wetan, Malang, Jawa Timur, atau sekitar 68 km dari pusat Kota Malang. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Balekambang dan Pantai Sendang Biru.

Seperti halnya pantai di bagian selatan Pulau Jawa yang ombaknya besar dan deras, kamu diimbau untuk enggak berenang di Pantai Sendiki.

pantai sendiki
Pantai Sendiki nampak indah dari ketinggian (Robi Juniarta/IDZ Creators)

Pantai Sendiki sendiri terkenal dengan mitos dan legenda setempat yang berkaitan sama asal nama Sendiki. Legenda tersebut bermula dari 4 orang sahabat pada zaman dahulu yang berbagi lahan.

Tiga diantara mereka setuju untuk membagi lahan tersebut dengan cara menancapkan patok kayu sebagai penanda wilayah. Sementara orang terakhir yang bernama Mbah Singo Lelono bingung menentukan wilayahnya.

Akhirnya Mbah Singo Lelono bertanya kepada teman-temannya 'Tekku seng ddi iki?' yang dalam bahasa Indonesia berarti 'punyaku yang mana ini?'. Mbah Singo Lelono akhirnya menancapkan patok kayu di sekitar pantai yang sekarang dikenal dengan Pantai Sendiki.

pantai sendiki
Boleh berenang tapi jangan sampai ke tengah laut (Robi Juniarta/IDZ Creators)

Harga tiket masuk ke Pantai Sendiki terbilang sangat terjangkau, apalagi untuk pantai seindah ini. Yaitu sebesar Rp5 ribu per orang dan Rp5 ribu untuk untuk biaya parkirnya.

Karena sepi, pantai ini juga sering jadi spot buat camping anak muda, lho! Menikmati pagi di Pantai Sendiki sangat romantis sekali, karena kamu bisa melihat langsung matahari terbit dari ujung lautan.

sendiki
Pantai cantik untuk menikmati sunrise (Robi Juniarta/IDZ Creators)

Beragam fasilitas tersedia di Pantai Sendiki. Ada musala, kamar mandi, warung, dan lain-lain.

Masyarakat sekitar rutin bergotong royong menjaga dan memperindah Pantai Sendiki. Hal ini bisa dilihat dari adanya pos jaga, ayunan kayu serta beberapa gazebo sebagai tempat berteduh.

Bahkan saat ini pengelola pantai menyediakan penginapan berupa cottage kecil di atas pohon sekitar pantai.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Robi Juniarta
Robi Juniarta

Robi Juniarta

Community Writer
JOIN US
JOIN US