The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Potret Menggemaskan Bayi Gajah Sumatera yang Baru Lahir di Konservasi Tangkahan
Seekor bayi gajah berjenis kelamin betina berhasil dilahirkan dari induk bernama Olive di Tangkahan, Sumatera Utara, Rabu (17/11/2021) (Instagram/konservasi_ksde)
Travel

Potret Menggemaskan Bayi Gajah Sumatera yang Baru Lahir di Konservasi Tangkahan

Rabu, 17 November 2021 12:31 WIB 17 November 2021, 12:31 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah kabar menggembirakan datang dari Tangkahan, Sumatera Utara (Sumut). Seekor bayi gajah Sumatera berjenis kelamin jantan berhasil dilahirkan dari induknya pada Rabu (17/11/2021) sekira pukul 03.00 WIB dini hari.

Kabar tersebut disampaikan oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK melalui akun resmi Instagram.

"Pagi ini kami dapat kabar gembira dari Tangkahan, TN Gunung Leuser @bbtn_gn_leuser . Pada pukul 03.00 WIB dini hari tadi (17/11) telah lahir bayi gajah dengan jenis kelamin jantan," tulis keterangan foto dilansir Indozone.

Bayi gajah tersebut lahir dari seekor induk gajah betina bernama Olive di kawasan Konservasi Tangkahan, Taman Nasional Gunung Leuser.

Bayi gajah lahir dengan tinggi badan 80 cm dan lingkar dada 101 cm. Hingga saat ini, belum ada nama untuk bayi gajah Sumatera yang baru lahir tersebut.

Ini menjadi kelahiran bayi gajah Sumatera yang kedua kalinya terjadi di tahun 2021. Sebelumnya, seekor bayi gajah berjenis kelamin jantan lahir dari induk bernama Sari pada Senin, 1 Februari lalu.

Baca Juga: Kabar Gembira! Telah Lahir Anak Gajah Sumatera di Unit Konservasi Tangkahan Langkat

Bayi gajah yang diberi nama Boni itu lahir dengan tinggi badan 108 cm dan berat sekitar 69 kg.

Gajah Sumatera merupakan subspesies dari gajah asia yang dilindungi pemerintah Indonesia berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Sejak 2002, pemerintah menaikkan status gajah Sumatera menjadi hewan terancam punah karena populasinya yang terus menurun akibat perburuan secara liar.

Pada survei yang dilakukan tahun 2000, populasi gajah Sumatera yang tersisa di alam liar Pulau Sumatera saat itu hanya ada sekitar 2700 ekor.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Nanda
Dina

Dina

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US