The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Baru Jerman yang Punya Kereta Api Bertenaga Hidrogen, Indonesia Kapan Ya?
Kereta Api Jerman bertenaga hidrogen. (Twitter/Alstom)
Travel

Baru Jerman yang Punya Kereta Api Bertenaga Hidrogen, Indonesia Kapan Ya?

Pertama di dunia.

Sabtu, 03 September 2022 07:00 WIB 03 September 2022, 07:00 WIB

INDOZONE.ID - Jerman baru saja meresmikan kereta bertenaga hidrogen pertama di dunia, pada Rabu (24/8/2022). Peluncuran kereta bertenaga hidrogen bertujuan untuk menciptakan perjalanan ramah lingkungan di negara itu.

Sebanyak 14 armada kereta api yang disediakan oleh raksasa industri Prancis Alstom ke negara bagian Lower Saxony di Jerman telah menggantikan lokomotif diesel di jalur 100km, yang akan menghubungkan kota-kota Cuxhaven, Bremerhaven, Bremervoerde dan Buxtehude dekat Hamburg.

“Kami sangat bangga untuk menempatkan teknologi ini ke dalam operasi bersama dengan mitra kuat kami sebagai premier dunia,” kata CEO Alstom Henri Poupart-Lafarge dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Al Jazeera.

Kereta api bertenaga hidrogen merupakan cara untuk menghilangkan karbon di sektor kereta api dan menggantikan diesel pemanasan iklim, yang masih menggerakkan 20 persen perjalanan di Jerman.

Baca juga: Penampakan Kereta Api di Jepang Penuh dengan Penumpang, Netizen: Gak Cuma di Jakarta Aja!

Dianggap sebagai moda transportasi nol emisi, kereta api mencampurkan hidrogen di atas kapal dengan oksigen yang ada di udara sekitar, berkat sel bahan bakar yang dipasang di atap. Sehingga menghasilkan listrik yang dibutuhkan untuk menarik kereta.

Dirancang di kota Tarbes Prancis selatan dan dirakit di Salzgitter di Jerman tengah, kereta api Alstom, disebut Coradia iLint.

Uji coba telah dilakukan sejak 2018 di jalur dengan dua kereta hidrogen tetapi sekarang seluruh armada mengadopsi teknologi terobosan tersebut untuk melindungi bumi.

Kereta api ini tidak mengeluarkan polusi dan suara yang dihasilkan juga tidak bising, kerata hanya mengeluarkan uap dari air yang menguap. Stasiun pengisian hidrogen telah dipasang di sepanjang rute.

Terlepas dari masalah pasokan yang sedang berlangsung, ini adalah penayangan perdana di dunia dan ini merupakan langkah maju untuk transportasi kereta api ramah lingkungan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US