The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Suasananya Seperti di China, Kelenteng Ini Bukti Pluralisme di Kota Lumpia
Klenteng yang jadi bukti pluralisme di Tanah Jawa (Muhammad Hamdan Mukafi/IDZ Creators)
Travel

Suasananya Seperti di China, Kelenteng Ini Bukti Pluralisme di Kota Lumpia

Rabu, 25 Mei 2022 15:20 WIB 25 Mei 2022, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Sejak dahulu, Kota Semarang, Jawa Tengah terkenal menjunjung tinggi budaya pluralisme. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai keyakinan yang terdapat di Kota Lumpia ini. Pun halnya dengan destinasi wisata, kota ini juga punya banyak tempat wisata religi yang menggambarkan tingginya nilai pluralisme itu sendiri.

Klentang Sam Poo Kong di Semarang, menjadi bukti nyata pertemuan tradisi China di tanah Jawa (salah satu yang menanamkan konsep pribumi secara mendalam).

kelenteng sam poo kong
Kelenteng Sam Poo Kong nuansanya seperti di China (Muhammad Hamdan Mukafi/IDZ Creators)

Dari awal masuk ke kelenteng, warna merah dan emas mendominasi sebagian besar bangunan, hal ini sama dengan yang biasa dijumpai saat berkunjung ke kelenteng di negeri China.

Patung Laksamana Zheng Ho setinggi 12 meter lebih yang berdiri kokoh di area pelataran Kelenteng Sam Poo Kong, menjadi jadi ikon kelenteng Sam Poo Kong.

sam poo kong
Patung Laksamana Cheng He menjadi ikon kelenteng (Muhammad Hamdan Mukafi/IDZ Creators)

Kelenteng Sam Poo Kong terbagi atas tiga bangunan utama, satu kelenteng besar dan dua  tempat sembahyang yang lebih kecil. Aroma hio pekat tercium dan menyengat hidung. Nuansa religius pun semakin kental terasa.

Nama Sam Poo Kong sendiri diambil dari nama Laksamana Zheng He, seorang laksamana Islam dari China yang pernah menjelajahi Nusantara. Di Jawa, jejaknya dimulai Klenteng Sam Poo Kong.

sam poo kong
Lampion merah mendominasi atap kelenteng (Muhammad Hamdan Mukafi/IDZ Creators)

Zheng He terlahir dengan nama Ma San Bao. Dalam dialek Hokkian, Sam Poo Kong atau San Bao Dong (Mandarin) memiliki arti gua San Bao. Sampai sekarang, tempat petilasan itu dikenal dengan nama Sam Poo Kong.  

Kelenteng yang berlokasi di Jalan Simongan Raya Nomor 129 ini terbuka untuk umum, baik untuk yang berwisata atau sembahyang.

laksamana cheng ho
Relief yang bercerita kisah laksamana Zheng He (Muhammad Hamdan Mukafi/IDZ Creators)

Di dalamnya ada beberapa bangunan yang bisa kamu kunjungi. Yakni, tempat pemujaan Dewa Bumi, makam Kyai Juru Mudi, tempat pemujaan Sam Poo Kong, makam Kyai Djangkar, tempat Nyai Cundrik Bumi, dan tempat Kyai Nyai Tumpeng. 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Muhammad Hamdan Mukafi
Muhammad Hamdan Mukafi

Muhammad Hamdan Mukafi

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US