Airbus Beluga XL Siap Jadi Armada Berpenumpang
Airbus Beluga XL saat akan lepas landas dalam penerbangan pertamanya di Colomiers, Toulouse, Prancis, pada Juli 2018 lalu. (REUTERS/Regis Duvignau).
Travel

Airbus Beluga XL Siap Jadi Armada Berpenumpang

Sabtu, 25 Januari 2020 12:51 WIB 25 Januari 2020, 12:51 WIB

INDOZONE.ID - Selama ini, Airbus Beluga XL hanya dipakai untuk kebutuhan kargo. Namun mulai tahun ini, armada raksasa tersebut dapat dimodifikasi menjadi armada yang dapat mengangkut penumpang.

Beberapa waktu yang lalu, armada ini dilakukan uji terbang terakhir untuk memastikan apakah siap dipesan oleh maskapai-maskapai penerbangan yang tertarik untuk membelinya.

Airbus Beluga XL memang menjadi sorotan. Sebab, pesawat komersil yang berukuran jumbo seperti Airbus A380 dan Boeing 747 sudah mulai ditarik, sementara Beluga XL akan diproduksi lebih banyak dan bakal menjadi salah satu pesawat terbesar yang mengudara di langit.

Beluga XL merupakan armada dari penerus Beluga atau Airbus A300-600ST, yang sudah beroperasi sejak 1995. Desain Beluga XL diadaptasi dari pesawat A330, namun hanya saja para insinyur Airbus menurunkan dek untuk penumpang dan mencangkokkan ruang kargo besar di punggung pesawat agar tercipta bentuk yang khas.

Pesawat ini dijuluki 'paus terbang', karena memang bentuknya yang mirip dengan mamalia berwarna putih yang berada di Kutub Utara, yaitu beluga. Beluga XL memiliki penampilan raut muka yang bermata sipit dan wajah tersenyum.

Desainnya memang tampak lucu, namun ini hasil suara mayoritas dari jajak pendapat yang dilakukan oleh Airbus terhadap 20.000 responden yang merupakan karyawan dari Airbus itu sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU