5 Destinasi Wisata Tersembunyi di Jakarta
Ilustrasi rumah akar. (Pixabay/StockSnap)
Travel

5 Destinasi Wisata Tersembunyi di Jakarta

Senin, 11 November 2019 12:02 WIB 11 November 2019, 12:02 WIB

INDOZONE.ID - Jakarta merupakan kota tersibuk di Indonesia. Namun ternyata, kota yang enggak pernah tidur ini memiliki banyak tempat wisata lho! Mulai dari wisata sejarah, kuliner, belanja hingga buatan.

Nah kamu tau enggak kalau di Jakarta masih banyak destinasi wisata yang tersembunyi. Wisata tersembunyi ini tidak kalah menarik dan asyik untuk dikunjungi.

Mau tau di mana saja tempat tersebut? Berikut Indozone rangkum, 5 destinasi wisata tersembunyi di Jakarta.

Setu Babakan

Setu Babakan merupakan perkampungan khas Betawi yang terletak di daerah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Pertama kali menginjakan kaki di kampung ini, kamu akan merasakan adat Betawi yang begitu kental.

Setu Babakan
(Instagram/@lukmaaaaaan)

Disini kamu akan melihat rumah adat Betawi, kesenian Betawi, pertunjukan seni Betawi, ondel-ondel, bahkan melihat dari dekat pembuatan dodol dan bir pletok khas Betawi.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi tiga danau buatan yang menawan. Di salah satu danau tersebut, terdapat sepeda perahu berbentuk angsa yang bisa kamu sewa.

Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti adalah sebuah museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda yang berada di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat. Museum ini sejatinya adalah sebuah pemakaman era kolonial Belanda.

Taman Prasasti
(Instagram/@chriscait_)

Meskipun awalnya digunakan sebagai makam untuk kolonial Belanda, makam tersebut telah dikosongkan. Namun, nisan-nisan pemakaman masih bisa kamu lihat di Taman Prasati. Saking klasiknya nisan-nisan tersebut, menjadikan Taman Prasasti termasuk tempat wisata unik yang wajib kamu kunjungi!

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Ternyata Jakarta Utara punya satu destinasi wisata alam bernama Hutan Mangrove yang terletak di daerah Pantai Indah Kapuk. Kawasan hutan mangrove ini memiliki luas sekitar 99 hektare dimana sekitar 40 persen lahan digunakan untuk konservasi hutan bakau yang alami dan asri. Enggak heran kalau udara disini sangat sejuk.

Hutan Mangrove PIK
(Instagram/@ekkynobont)

Untuk menuju kawasan hutan mangrove terbilang cukup unik, kamu harus melewati jalan yang terbuat dari kayu gelondongan dengan pegangan yang sangat sederhana. Oh iya untuk kamu yang mau wisata kesini gunakan sendal atau sepatu yang nyaman ya, jangan pakai high heels kalau enggak mau kepeleset.

Rumah Akar

Rumah Akar merupakan sebuah bangunan yang berada di Kota Tua Jakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Museum Fatahillah. Tepatnya berada di bagian belakang Museum Wayang.

Rumah Akar
(hiveminer.com)

Di sini, terdapat sebuah bangunan tua beratmosfer Eropa yang dirambati oleh akar-akar dari pohon berusia ratusan tahun. Tidak ada yang tahu persis mengenai sejarah bangunan berlantai dua ini.

Namun, beberapa ada yang menyebutkan bahwa bangunan ini pernah menjadi kantor perniagaan Belanda, serta pernah juga berfungsi sebagai gereja hingga gudang. Buat kamu yang lagi cari spot foto yang unik, bisa berkunjung ke rumah akar nih!

Pelabuhan Sunda Kelapa

Destinasi wisata tersembunyi yang terakhir adalah Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan ini berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara. Disini, kamu bisa melihat sisa-sisa peninggalan sejarah yang masih terasa kental.

Pelabuhan Sunda Kelapa
(wisataasyik.com)

Kamu juga bisa menyewa perahu milik nelayan untuk berkeliling di Pelabuhan Sunda Kelapa. Menikmati senja diatas perahu dengan latar belakang air laut yang tenang akan membuat pikiran kamu tentang deadline yang menumpuk hilang seketika.


Itu guys 5 destinasi wisata tersembunyi di Jakarta, ada lagi yang kamu tau enggak?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Yulia Marianti
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU