The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Canteng Mok: Tempat Kongkow Berkonsep Tahun 80an, Kulineran Sambil Main Dingdong Jadul
Salah satu game jadul di Canteng Mok (Z Creators/Retno Mandriyarini)
Travel

Canteng Mok: Tempat Kongkow Berkonsep Tahun 80an, Kulineran Sambil Main Dingdong Jadul

Selasa, 08 November 2022 15:23 WIB 08 November 2022, 15:23 WIB

INDOZONE.ID - Buat kamu khususnya warga Makassar yang lagi cari tempat kongkow yang asyik dan enggak menguras kantong, Kedai Canteng Mok yang ada di Jalan Kijang, Maricaya, bisa jadi solusinya. 

Canteng Mok berasal dari bahasa Bugis yang berarti “Gelas Minum”. Kedai yang baru berjalan satu tahun ini punya konsep unik, yaitu konsep tempo dulu dengan nuansa sekitar tahun 1980-an. Jadi, saat masuk ke dalam kedai, kamu akan merasa seperti sedang masuk ke dalam rumah nenek.

centang mok
Kedai bernuansa jadul ala tahun 1980-an (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Berbagai macam benda di sini mengusung konsep tempo dulu. Ada sofa berwarna hijau dan merah yang jika diduduki agak keras, sama persis rasanya seperti sofa tempo dulu, ada juga tempat duduk yang terbuat dari seng yang jika digeser akan menimbulkan suara berisik.

Enggak cuma itu, di sini juga tersedia berbagai buku bacaan tahun 1980-1990an lho. Kamu bisa menemukannya pada rak-rak buku yang terpajang di bagian depan. Cocok banget buat para pecinta buku.

canteng mok
Aneka pajangan jadul (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Ruangan di kedai Centang Mok terdiri dari dua bagian, area dalam rumah dan teras depan. Semua ruangannya enggak pakai AC, jadi bebas untuk merokok. Menu makanan yang dijual ada mie goreng atau mie rebus. Sedangkan olahan minumannya berupa aneka jenis kopi dan teh. Harga menu di sini mulai dari Rp6 ribuan saja.

canteng mok
Makanan dan minuman ringan di Canteng Mok (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Di kedai milik Adi ini, kamu juga bisa bernostalgia jajanan waktu kecil, karena tersedia permen karet merek Josan, jajanan coklat jadul tempo dulu, serta ada keripik ubi pedas yang dijual mulai dari Rp1.000 per buah. 

canteng mok
Suasana jadul dengan kursi khas "rumah nenek" (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Kongkow semakin seru karena di kedai ini tersedia berbagai macam permainan jadul, seperti catur, remi, ular tangga, monopoli, dan sejenisnya.

mesin dingdong big bang
Mesin Big-Bang khas tempo dulu (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Ada juga permainan yang wajib kamu jajal kalau berkunjung ke sini. Namanya Big-Bang. Permainan dalam mesin jadul ini mirip sama dingdong. Ada berbagai permainan di dalamnya serta tingkat kerumitan yang juga berbeda, dari yang mudah sampai level sulit. Kamu bisa memainkannya sendiri ataupun berdua.

“Mainan Big-Bang ini merupakan mainan yang disimpan waktu kecil oleh owner. Buka kedai konsep jadul, jadi mainan ini dimanfaatkan biar para pengunjung enggak bosan aja,” ujar salah satu Barista Kedai Canteng Mok, kepada Tim Z Creators, Retno Mandriyarini.

Kedai ini buka setiap hari dari jam 07.30 – 21.00 WITA. Biasanya, pengunjung ramai di sore sampai malam hari. 

Artikel Menarik Lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Retno Mandriyarini
Retno Mandriyarini
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US