The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sebelum Liburan ke Cagar Alam, Ketahui Dulu Etika yang Harus Dipatuhi
Ilustrasi liburan ke cagar alam. (Pexels/Victor Feitas)
Travel

Sebelum Liburan ke Cagar Alam, Ketahui Dulu Etika yang Harus Dipatuhi

Ini lho etika yang harus dipatuhi saat liburan ke cagar alam.

Kamis, 16 Januari 2020 15:00 WIB 16 Januari 2020, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - Nggak terasa sudah menjelang libur akhir pekan. Biasanya libur akhir pekan dihabiskan untuk ke tempat wisata bersama keluarga. Pilihan tempat wisatanya pun beragam, mulai dari museum, theme park, hingga cagar alam. 

Yup, cagar alam bisa menjadi tempat wisata yang menarik. Apalagi kalau kamu sudah penat dengan keseharianmu. Suasana yang asri dan sejuk bisa kamu nikmati saat mengunjungi cagar alam.

Sebelum kamu liburan ke cagar alam, ada beberapa etika yang harus kamu taati. Apa saja kira-kira etika yang harus ditaati wisatawan saat berkunjung ke cagar alam?

1. Dilarang Membuang Sampah Sembarangan

etika ke cagar alam
Ilustrasi sampah yang berserakan. (Pexels/Lisa Fotios)

Sebenarnya etika ini bukan harus ditaati saat ke cagar alam saja, tapi di semua tempat. Kalau memang nggak ada tempat sampah, simpan saja dulu sampahmu. Kemudian buanglah ke tempat sampah yang sudah disediakan.

Masalah ini termasuk yang sepele tapi sulit untuk diterapkan. Apalagi banyak yang masih belum sadar untuk membuang sampah di tempatnya. Andai saja semua orang punya kesadaran ya, tempat wisata pasti akan bersih dan lebih nyaman.

2. Jangan Asal Memetik Tumbuhan

etika ke cagar alam
Ilustrasi bunga-bungaan. (Pixabay)

Namanya juga cagar alam, pasti didalamnya berisi tumbuhan atau ekosistem tertentu yang perkembangannya berlangsung secara alami. Oleh karena itu, jangan asal memetik tumbuhan. Karena ada banyak tumbuhan yang dilindungi di cagar alam, misalnya bunga edelweis.

3. Dilarang Melakukan Vandalisme

etika di cagar alam
Ilustrasi vandalisme. (Pexels/Daniel Nettesheim)

Sampai sekarang masih banyak lho orang yang jahil melakukan aksi vandalisme atau coret-coret. Apalagi di cagar alam, pasti banyak tangan jahil yang melakukan aksi vandalisme, seperti mencoret-coret di pohon. Nah kalau kamu melihat ada seseorang yang melakukan hal ini, jangan takut untuk menegur atau melapor ya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Alwan
Mauliyana Puspa Adityasari

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US