The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Fakta Gondola Venesia yang Mencengangkan, Salah Satunya Sengaja Dibuat Miring
Gondola di Venesia. (Z Creators/Arnie Simanjuntak)
Travel

4 Fakta Gondola Venesia yang Mencengangkan, Salah Satunya Sengaja Dibuat Miring

Jumat, 30 September 2022 10:32 WIB 30 September 2022, 10:32 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu tujuan wisata menarik jika Venesia, Italia adalah menaiki gondola. Menaiki gondola kamu akan merasakan sensasi romantis. Ada beberapa fakta menarik tentang gondola di Venesia. Berikut ulasannya: 

1. Awalnya ada 10.000 gondola 

gondola
Gondola di Venesia. (Z Creators/Arnie Simanjuntak)

Gondola dibuat khusus untuk perairan dangkal laguna Venesia dan sudah digunakan sejak abad ke-11. Tetapi bukti pertama yang terdokumentasi berasal dari 1094. Saat ini gondola bisa digunakan untuk membawa turis-turis pasangan romantis untuk tur di perairan Venesia.

Diperkirakan pada abad ke-17 dan ke-18 Kota Venesia menjadi rumah bagi 10.000 gondola. Kini hanya tersisa 400 gondola saja yang bisa kamu lihat berlalu-lalang di atas perairan Venesia. Dulunya gondola jauh lebih berwarna daripada sekarang. 

2. Gondola sengaja dibuat sedikit miring

gondola
Gondola di Venesia. (Z Creators/Arnie Simanjuntak)

Pada abad ke-16, masing-masing pemilik gondola menghias gondolanya dengan cat berwarna-warni. Para bangsawan bersaing satu sama lain dalam mendekorasi gondola mereka dengan desain yang rumit. Namun pada abad ke-16, Doge Venesia menetapkan bahwa semua gondola harus dicat hitam. Jika diperhatikan gondola terlihat miring ke satu sisi. 

Hal ini ternyata disengaja untuk membantu menyeimbangkan berat pendayung gondola. Gondola juga memiliki dua ornamen unik di bagian ujung perahunya yang dikenal sebagai fero da prova dan rico. 

Desain gondola fero da prova dan rico ini penuh makna. Haluan besi gondola yang khas tidak hanya berfungsi sebagai penyeimbang perahu bentuknya 'S' mewakili tikungan di Grand Canal. 

Sedangkan enam 'gigi' mewakili distrik Venesia. Tutup doge diwakili oleh bagian atas yang melengkung, sedangkan 'gigi' yang mencuat dari belakang haluan melambangkan Pulau Giudecca.

Desain dan dimensi perahu membuatnya ideal melalui kanal-kanal kota yang indah yang terkadang bisa sangat sempit. Ternyata tidak mudah untuk menjadi pendayung gondola. 

3. Pendayung gondola harus dinyatakan lulus ujian 

gondola
Gondola di Venesia. (Z Creators/Arnie Simanjuntak)

Untuk bisa menjadi seorang pendayung gondola, mereka harus menyelesaikan 400 jam pelatihan sebelum akhirnya dinyatakan lulus ujian. Awalnya, gondola digunakan oleh kaum bangsawan untuk berkeliling Venesia. Kemudian menjadi simbol status bagi keluarga yang memiliki pengaruh di kota. 

4. Harga sewa gondola 

gondola
Gondola di Venesia. (Z Creators/Arnie Simanjuntak)

Biaya sewa gondola yang diisi maksimal 6 orang ini sebesar €80 (sekitar Rp1,2 juta rupiah) untuk perjalanan sekitar 40 menit. Jika ingin menambah durasi 20 menit dikenakan tambahan biaya sebesar €40 atau sekitar Rp600 ribu. 

Untuk suasana yang lebih romantis di jalur air, kamu bisa memesan perjalanan gondola malam di Venesia. Nikmati suasana kota yang menyala dalam gelap. 

Untuk naik gondola di atas jam tujuh malam biayanya lebih mahal lagi, yaitu €100 atau sekitar Rp1,5 juta untuk 40 menit. Oh iya, harga tadi bukan harga per orang tetapi per gondola. Tertarik untuk mencoba?

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Arnie Simanjuntak
Arnie Simanjuntak

Arnie Simanjuntak

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US