Perkembangan Kereta Cepat di Seluruh Dunia
CNN
Travel

Perkembangan Kereta Cepat di Seluruh Dunia

Sabtu, 30 November 2019 11:57 WIB 30 November 2019, 11:57 WIB

INDOZONE.ID - Shinkansen bisa dibilang sebagai pelopor kereta cepat di seluruh dunia. Kehadirannya menginspirasi sejumlah negara untuk memproduksi kereta cepat dengan kecanggihannya masing-masing.

Shinkansen seri pertama, 0-Series meluncur pada 1 Oktober 1964 dengan rute Tokyo-Osaka yang disebut Tokaido. Rute tersebut memiliki panjang lintasan yang mencapai 514 kilometer. Kereta dapat melaju hingga kecepatan 322 kph saat berada di rute keluar dari Tokyo.

kereta cepat
CNN

Hingga kini, Shinkansen masih menjadi kereta cepat nomor satu di dunia dalam hal kecepatan, efisiensi perjalanan, dan kecanggihannya.

kereta cepat
CNN

Setelah Jepang, Prancis juga memproduksi kereta cepat pertama pada tahun 1981, yaitu kereta yang bernama a Grand Vitesse (TGV) yang melintas di rute Paris menuju Lyon.

kereta cepat
CNN

Secara mengejutkan, China hadir memperkenalkan kereta cepat yang pertama. China tak memungkiri bahwa kereta cepat tersebut hasil dari inspirasi gabungan antara Shinkansen dan kereta cepat yang berada di Eropa Barat.

kereta cepat
CNN

Kini, perkembangan kereta cepat terus melesat. Muncul pengembangan kereta Maglev yang dapat meluncur hingga kecepatan 643 kph. Dan Jepang sendiri telah memiliki jalur Maglev eksperimental sejak 1970-an dan saat ini tengah masa pembangunan jalurnya, yaitu untuk rute antara Tokyo dan Nagoya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU