The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Kamu Kunjungi saat Libur Hari Raya Idul Adha
Masjid Raya Baiturrahman. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Travel

5 Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Kamu Kunjungi saat Libur Hari Raya Idul Adha

Kamis, 07 Juli 2022 14:15 WIB 07 Juli 2022, 14:15 WIB

INDOZONE.ID - Tempat wisata di Aceh tidak pernah mengecewakan, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya yang kental dengan adat istiadatnya, bisa kamu dapatkan di Aceh.

Pantai jadi salah satu tempat wisata yang sangat populer di Aceh. Pantai dengan pasir putih dan air biru menjadi daya tarik wisatawan saat mengunjungi Aceh.

Nah, momen Hari Raya Idul Adha tahun ini tidak ada salahnya habiskan waktu liburan di Aceh. Bermain air di pantai atau mengunjungi Monumen Tsunami sebagai pengingat bencana alam yang telah menerjang Aceh.

Baca juga: Gowes di Tour de Aceh 2022, Wulan Guritno Terpesona Keindahan Alam & Kuliner Tanah Rencong

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa pilihan tempat wisata di Aceh yang bisa kamu kunjungi libur Idul Adha.

1. Pantai Suak Ribee

Pantai Suak Ribee berada di Aceh Barat tepatnya di Desa Suak Ribee, Meulaboh. Di Pantai Suak Ribee kamu bisa menikmati suasan senja yang benar-benar berbeda. Sambil menikmati kopi khas daerah tersebut menambah keindahan senja di sana.

2. Masjid Raya Baiturrahman

Sejarah Aceh tentunya tidak bisa lepas dari peradaban dan budaya Islam yang telah lama menaungi Bumi Aceh. Salah satu bukti peninggalan sejarah Islam di Aceh dapat kita lihat dari masjid besar di Aceh, yakni Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid dengan arsitektur terindah di Indonesia. Penampilannya semakin cantik dengan adanya 12 payung elektrik di halaman masjid yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah.

Dibangun pada tahun 1612 Masehi, Masjid Raya Baiturrahman telah menjadi peristiwa penting di Aceh. Masjid ini juga menjadi simbol persatuan warga Aceh saat Tsunami tahun 2004.

tempat wisata di Aceh
Masjid Raya Baiturrahman. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

3. Museum Aceh

Museum Aceh didirikan sejak tahun 1915 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Bangunan utamanya berbentuk seperti Rumoh Aceh (Rumah Adat Aceh) yang sarat dengan nilai-nilai Islam.

Liburan ke Museum Aceh kamu akan menemukan banyak peninggalan dan artefak mulai dari zaman pra-sejarah.

4. Museum Tsunami

Museum Tsunami yang terletak di Pusat Kota Banda Aceh menjadi pengingat sekaligus monumen penghargaan bagi orang-orang yang telah berjuang untuk bertahan hidup ketika tsunami pada 26 Desember 2004 menerjang.

Museum ini gratis dan dibuka untuk umum, kamu hanya perlu membayar uang retribusi parkir jika membawa kendaraan.

tempat wisata di aceh
Museum Tsunami. (Instagram/@museumtsunami.id)

5. Pulau Gosong

Pulau Gosong terbentuk karena adanya tumpukan pasir yang terbawa arus dan akhirnya menempel pada batu karang. Proses bertahun-tahun itulah yang akhirnya membentuk sebuah pulau yang luasnya hampir sama dengan lapangan sepakbola. Pulau Gosong ini terletak di Kecamatan Susoh, dan hanya sekitar 15 menita saja dari kota Blangpidie.

tempat wisata di aceh
Pulau Gosong. (tempatwisata.pro)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US