The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

KBRI Promosikan Rendang hingga Wisata Indonesia di Halte Bus Bulgaria
Suasana halte bus di Kota Sofia, Bulgaria yang dijadikan lokasi promosi wisata Indonesia. (Instagram/petya.ilieva.artist)
Travel

KBRI Promosikan Rendang hingga Wisata Indonesia di Halte Bus Bulgaria

KBRI Sofia Promosi Wisata Pada Dua Halte Bus di Bulgaria

Kamis, 06 Oktober 2022 17:46 WIB 06 Oktober 2022, 17:46 WIB

INDOZONE.ID - Halte bus di kota Sofia, Bulgaria, dinilai menjadi lokasi yang tepat bagi Kedutaan Besar RI di Sofia, untuk mempromosikan wisata dan budaya Indonesia. Promosi itu ditampikan melalui beberapa gambar yang mampu menarik perhatian warga sekitar.

Sejak 20 September 2022 lalu, halte bus di Eagle Bridge dan South Park, Kota Sofia, Bulgaria menghadirkan tampilan baru sebagai bagian dari proyek seni #Art4diplomacy. Menurut informasi dari KBRI Sofia, kedua halte tersebut dibalut dengan warna-warna cerah, dan memperlihatkan gambar masakan hingga destinasi wisata Indonesia.

Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta mengatakan, seni dan budaya adalah alat diplomasi yang ampuh. Untuk itu, KBRI Sofia selalu aktif dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan seni budaya, serta menggunakannya dalam upaya diplomasi Indonesia di luar negeri.

"Diplomasi yang dibalut dengan seni dan budaya akan lebih efisien diterima oleh masyarakat lokal, juga mampu memikat para pemimpin," ujar Dubes Iwan dikutip Antara, Kamis (6/10/2022).

Menurut Iwan, pameran dan promosi seni budaya Indonesia di ruang publik, seperti di halte-halte bus di Bulgaria, sangat efektif. Sebab, hal itu melibatkan masyarakat umum, serta mampu menyebarkan informasi lebih luas.

Baca Juga: Penampakan Kota Bernama 'Kotor' yang Panoramanya Seindah Surga

Dalam rangka kegiatan promosi Indonesia itu, Dubes Iwan dan keluarganya berkeliling kota Sofia menggunakan kendaraan umum pada akhir pekan. Hal itu untuk menikmati proyek seni #Art4Diplomacy yang menampilkan gambar-gambar tempat wisata, dan makanan khas Indonesia.

Secara khusus, Dubes Iwan pun berhenti di halte bus Eagle Bridge untuk menjelaskan promosi Indonesia, dan makna yang terkandung pada gambar-gambar yang dipajang di halte bus kepada penduduk setempat.

"Tiga gambar yang ditampilkan untuk promosi di halte-halte bus di Bulgaria itu, sudah melalui proses kurasi dan membawa pesan khusus untuk masyarakat lokal," ujar Dubes Iwan.

Gambar pertama yakni Rendang, makanan khas Indonesia dari Sumatera Barat yang diakui sebagai warisan budaya tak benda, dan dinilai sebagai makanan terbaik dunia menurut sejumlah saluran berita kabel multinasional.

Istri Dubes Iwan Bogananta, Noni Bogananta, saat berpose di depan halte bus di kota Sofia, Bulgaria. (Instagram/nonibogananta)
Istri Dubes Iwan Bogananta, Noni Bogananta, saat berpose di depan halte bus di kota Sofia, Bulgaria. (Instagram/nonibogananta)

Lalu untuk gambar kedua adalah, 10 Bali Baru, yang merupakan sepuluh destinasi wisata Bali, untuk memikat turis asing berlibur ke Indonesia. Destinasi-destinasi tersebut bisa menjadi daftar tempat wisata yang dapat dikunjungi bagi para calon turis.

Kemudian, gambar ketiga yang dipilih yakni mempromosikan presidensi Indonesia di G20 pada tahun ini, yang mana konferensi tingkat tinggi (KTT) G20, akan diselenggarakan di Bali pada November mendatang.

Baca Juga: Mercedes-AMG GT Alami Kecelakaan di Bulgaria, Tabrak Halte Bus Hingga Terangkat!

KBRI Sofia berkata, saat ditanya tentang promosi budaya dan wisata Indonesia di halte bus kota Sofia itu, mayoritas masyarakat lokal mengaku senang, melihat berbagai gambar berbeda dengan warna-warna cerah. Beberapa dari mereka pun terinspirasi untuk mengetahui lebih jauh tentang Indonesia.

KBRI Sofia menuturkan, promosi pada gambar tersebut juga dilengkapi dengan kode QR yang bisa dipindai, dan akan mengarahkan ke laman travel.indonesia, agar masyarakat Bulgaria bisa lebih mengenal Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Achmad Rafiq
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US