The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Selip Lidah Petugas ATC Hampir Sebabkan Kecelakaan  2 Pesawat
Bandara Charles de Gaulle Paris. (photo/Dok. Wikipedia)
Travel

Selip Lidah Petugas ATC Hampir Sebabkan Kecelakaan 2 Pesawat

Jumat, 23 Juli 2021 11:27 WIB 23 Juli 2021, 11:27 WIB

INDOZONE.ID - Melansir CNN, pengontrol lalu lintas udara di Bandara Charles de Gaulle Paris mengalami selip lidah pada 20 Juli 2020. Dimana, kesalahannya nyaris membuat 2 pesawat yang berada di jarak 91 meter akan bertabrakan. Kejadian itu diungkapkan dalam satu laporan yang diluncurkan pada 20 Juli 2021. 

Dalam laporan itu, disebutkan kejadian yang melibatkan pesawat Boeing 787 milik United Airlines yang tiba dari Newark, New Jersey dan easyJet Airbus A320 yang bersiap lepas landas dalam perjalanan ke Malaga, Spanyol. Pada saat itu, pesawat take off dari landasan pacu 09R dan mendarat di 09L. 

Sesuai rute yang ditentukan, EasyJet pun bersiap lepas landas dari runway 09R. Di saat bersamaan pengontrol lalu lintas udara di menara ATC menginstruksikan pada peasawat United Airlines untuk mendarat di runway yang sama, landasan pacu 09R, padahal seharusnya dia mengatakan 09L. 

Awak pesawat United Airlines merespons informasi itu dengan jawab 'mengerti' dan 'menghindari untuk 9 kanan'. Jawaban dari kru United Airlines belum membuat petugas ATC menyadari atas keliruannya. Dia tidak memeriksa pembacaan ulang dari kru dan melanjutkan untuk memberi tahu pesawat EasyJet untuk siap lepas landas dari landasan pacu 09R. 

Pada titik ini pesawat United Airlines masih segaris mendarat di 09L sehingga kru mulai melakukan manuver. Awak EasyJet sadari tidak ada yang beres. Mereka menanyakan kepada petugas ATC mengapa pesawat United Airlines mendarat di 09R, runway yang sama untuk lepas landas. Awak EasyJet pun sekaligus ingatkan potensi untuk tabrakan. 

Di titik ini pesawat terbang sudah berada di titik ketinggian 91 meter, 1.300 meter dari ujung landasan. Baik kru EasyJet dan pengontrol memberi tahu kru United Airlines untuk naik udara lagi. Pilot pun membatalkan pendaratan mereka. Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Menara ATC Bandara Charles de Gaulle Paris memang tidak mempunyai pandangan langsung kepada landasan pacu  09 karena peralatan yang menghadap ke area mereka tampaknya rusak. 

Dan, staf bekerja di layar yang berbeda. Pada saat kejadian, layar yang menghadap ke landasan pacu 09 telah diperbaiki dan pengontrol sedang siap untuk beralih.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US