Pilot Lupa Turunkan Roda, Pesawat Ini Nyaris  Tergelincir
Ilustrasi pesawat JetStar. (Pixabay)
Travel

Pilot Lupa Turunkan Roda, Pesawat Ini Nyaris Tergelincir

Rabu, 15 Januari 2020 11:03 WIB 15 Januari 2020, 11:03 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah pesawat dari maskapai penerbangan di Australia nyaris saja mengalami celaka akibat dari ulah pilot yang lupa menurunkan roda saat hendak mendarat.

Pesawat miliki JetStar yang terbang dari Sydney menuju ke Ballina nyaris saja tergelincir ketika sang pilot lupa menurunkan roda saat hendak mendarat di bandara setempat.

Beruntung akhirnya pesawat dapat mendarat dengan sempurna setelah pilot melakukan percobaan sebanyak tiga kali.

Mulanya, pesawat hendak mendarat di Bandara Ballina. Namun pilot lupa menurunkan roda pesawat, padahal saat itu jarak antara pesawat dan landasan tinggal 4 km saja. Alarm tanda bahaya kemudian berbunyi.

Pilot memutuskan untuk berputar ulang. Namun saat hendak mendarat, roda pesawat malah tidak keluar secara sempurna sebab sang pilot tidak mengikuti prosedur dengan benar.

Pada percobaan ketiga kalinya, barulah pesawat bisa mendarat dengan sempurna.

Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh Badan Keamanan Udara Australia, insiden itu terjadi karena adanya kesalahan dari pilot dan kopilot pada saat hendak mendarat. Mereka melakukan kesalahan konfigurasi setting pada bagian Flap, namun akhirnya bisa dikoreksi dan pesawat dapat mendarat dengan sempurna.

Artikel Menarik Lainnya;

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU