The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Traveller Ingin Melancong ke Tiongkok? Siap-siap Dites Swab Anal Covid-19
Potret Tembok Besar China. (Unsplash/@robertnyman)
Travel

Traveller Ingin Melancong ke Tiongkok? Siap-siap Dites Swab Anal Covid-19

Senin, 08 Maret 2021 08:43 WIB 08 Maret 2021, 08:43 WIB

INDOZONE.ID - Tiongkok dikabarkan meminta wisatawan yang akan berkunjung ke sejumlah kota setempat untuk melakukan tes swab (usap) anal Covid-19 meski hal ini menuai protes dari negara lain.

Dilansir CNN, beberapa dokter Tiongkok mengatakan tes dilakukan untuk menangkap pembawa virus corona yang mungkin tidak menunjukkan gejala atau yang mengembangkan gejala ringan tetapi pulih dengan cepat.

Menurut mereka, virus corona dapat dideteksi dalam tinja lebih lama daripada di hidung dan tenggorokan.

"Beberapa pasien tanpa gejala atau mereka dengan gejala ringan pulih dengan cepat dari Covid-19, dan mungkin tes tenggorokan tidak akan efektif untuk orang-orang ini," kata dokter penyakit menular di Tiongkok, Li Tongzeng.

Menurut dia, para peneliti mengungkapkan pada beberapa orang yang terinfeksi, durasi waktu hasil nukleat positif bertahan lebih lama pada tinja dan tes usap anal mereka dibandingkan pada saluran pernapasan bagian atas.

"Oleh karena itu, menambahkan tes usap anal dapat meningkatkan tingkat deteksi positif dari yang terinfeksi," lanjutnya.

Selain para pelancong, sejumlah warga negara Tiongkok juga diharuskan melakukan tes usap ini. 

Pada Januari lalu, lebih dari 1.000 siswa dan guru di sebuah distrik sekolah di Beijing dites baik itu di anal maupun hidung.

Aksi protes pun bermunculan dari pejabat Jepang hingga beberapa diplomat Amerika Serikat yang diminta untuk mengikuti tes.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US