The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

One Day Trip ke Tiga Pulau, Surga Bawah Laut 50 Menit Aja dari Lombok
Keindahan bawah laut di Pulau Kalong, Sumbawa Barat (Sunaryo Haryo Bayu/IDZ Creators)
Travel

One Day Trip ke Tiga Pulau, Surga Bawah Laut 50 Menit Aja dari Lombok

Jumat, 28 Januari 2022 14:47 WIB 28 Januari 2022, 14:47 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia punya banyak surga bawah laut yang menawan dan menakjubkan. Buat penyuka wisata bawah laut, jangan cuma ke Wakatobi atau Bunaken aja. Karena di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, ada juga surga bawah laut yang sayang kalau dilewatkan, tepatnya di Pulau Kalong atau Pulau Dale.

Pulau ini masih satu hamparan dengan Pulau Kenawa dan Pulau Nyamuk (Namu), atau sekitar 5 km dari Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat.

pulau kenawa
Air lautnya jernih, pasirnya putih bersih (Sunaryo Haryo Bayu/IDZ Creators)

Biasanya, ada paket wisata seharian alias One Day Trip ke Pulau Kalong, Pulau Kenawa dan Pulau Nyamuk. Perjalanan wisata diawali dari Pelabuhan Poto Tano.

Di pelabuhan, kamu bisa menyewa perahu motor termasuk peralatan snorkeling, seharga Rp400 ribu-Rp500 ribu, lalu menuju pulau pertama selama satu jam perjalanan.

kenawa island
Sewa perahu motor untuk keliling tiga pulau (Sunaryo Haryo Bayu/IDZ Creators)

Pasir putih, air laut jernih dan nyaris tanpa ombak, jadi magnet wisatanya. Kamu bisa snorkeling dan menyaksikan keindahan bawah laut dengan panorama batu karang yang masih terjaga. Jangan lupa berfoto dengan kawanan ikan yang lalu lalang.

Buat yang enggak mau berenang, bisa menyaksikan keindahan bawah laut dari atas perahu motor, karena air lautnya yang jernih.

kenawa island
Karang lautnya masih terjaga (Sunaryo Haryo Bayu/IDZ Creators)

Selama di tiga pulau tersebut, jangan heran ya kalau kamu akan berpapasan dengan wisatawan mancanegara alias para bule yang doyan snorkeling. Maklum, biasanya yang datang ke sini adalah wisatawan dari Bali dan Lombok, yang menyeberang dari Pelabuhan Kayangan Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano.

Dari Lombok, cukup menempuh perjalanan 50 menit saja, lalu eksplor tiga pulau selama 5-8 jam, dan kembali ke Lombok.

sumbawa barat
Aktivitas nelayan di tengah lautan (Sunaryo Haryo Bayu/IDZ Creators)

Enggak puas berwisata seharian? Siapkan perlengkapan camping, karena kamu bisa bermalam di salah satu pulau, kecuali Kenawa, gratis! Syaratnya, harus seizin petugas setempat dan menjaga kebersihan serta kenyamanan pulau.

Selamat berwisata!

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Sunaryo Haryo Bayu
Sunaryo Haryo Bayu

Sunaryo Haryo Bayu

Community Writer
JOIN US
JOIN US