The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Penumpang Keluhkan Kereta Ekonomi Gak 'Memanusiakan Dengkul', KAI Beri Tanggapan
Penumpang kereta api. (Twitter/@_dinnerdash)
Travel

Viral Penumpang Keluhkan Kereta Ekonomi Gak 'Memanusiakan Dengkul', KAI Beri Tanggapan

Dengkul saling bertabrakan.

Senin, 08 Agustus 2022 13:57 WIB 08 Agustus 2022, 13:57 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini viral curhatan seorang netizen dengan nama akun Twitter @_dinnerdash yang menganggap bahwa Kereta Api kelas ekonomi tidak memanusiakan dengkul.

Tidak memanusikan dengkul artinya, karena posisi duduk di kereta yang berhadapan membuat kaki para penumpang kurang leluasa hingga akhirnya bertabrakan. Menurutnya, tata letak kursi di KAI perlu dibenahi.

"Aku tim setuju banget sih kalo @KAI121 benahin tata letak kursi. Memang betul ekonomi, tp semoga ajaa suatu saat bisa memanusiakan dengkul kami. Apalagi buat perjalanan jarak jauh gini kaki kadang pengen lurusin kaki bentar tapi malah masuk kaki orang. Awkward bgt!" cuit netizen wanita tersebut di akun Twitter-nya, dikutip pada Senin (8/8/2022).

Menurutnya, posisi duduk berhadap-hadapan hingga membuat dengkul bertabrakan itu bisa menimbulkan risiko terjadinya pelecehan seksual.

Baca juga: Spesial Hari Kemerdekaan RI Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 17 Ribu, Begini Cara Pesannya!

"Kalopun dengkul sesama cowok, tetep gak enak karena kaki cowok kan jenjang gitu. Jd kadang diapit atau dimiringin. Nah, apalagi kalo itu kaki cowok vs cewek. Rawan bgt kejahatan seksual kan ya? Kursinya kasih lebih longgar dikit, min @KAI121," lanjutnya.

Wanita itu kemudian menceritakan pengalamannya naik kereta dikelilingi penumpang pria. Dia merasa tidak nyaman dengan situasi tersebut.

Dia sangat mengapresiasi perkembangan dan kemajuan perkeretapian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini, namun ia berharap pihak KAI bisa berbenah menjadi lebih baik lagi, termasuk menampung keluhannya soal kereta ekonomi yang menurutnya tidak memanusiakan dengkul.

"Sebagai penumpang kereta sejak jaman susah, aku sih rispek banget sama perkembangan yang udah ada. Udah jauh lebih baik dari jaman dulu. Dan aku berharap bakalan lebih baik lagi dan lagi. Semoga diterima keluhan dan saran kami," ungkapnya.

Tanggapan pihak KAI

Menanggapi keluhan netizen tersebut, pihak KAI menyatakan akan berusaha menyediakan sarana kereta api yang lebih baik lagi. Sehingga ke depannya para penumpang bisa menggunakan kereta dengan nyaman.

"Selamat pagi Kak. Railmin mohon maaf bila sarana kereta yang digunakan saat ini dirasa belum bisa memberikan kenyamanan. Keluhan dan saran yang disampaikan mengenai kereta khususnya kelas Ekonomi, menjadi perhatian kami dalam menyediakan sarana KA yang lebih baik lagi"

"Sehingga ke depannya kakak dan penumpang lainnya dapat lebih nyaman saat perjalanan menggunakan layanan KA. Jika kakak mengalami kendala saat dalam perjalanan KA, jangan sungkan untuk menghubungi kondektur yang bertugas ya," demikian pernyataan pihak KAI.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
JOIN US
JOIN US