The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sulit Cari Tenaga Kerja, Hotel di Eropa Siap Terima Staf Tanpa Pengalaman Kerja, Tertarik?
Ilustrasi staf hotel. (Freepik)
Travel

Sulit Cari Tenaga Kerja, Hotel di Eropa Siap Terima Staf Tanpa Pengalaman Kerja, Tertarik?

Selasa, 05 Juli 2022 17:30 WIB 05 Juli 2022, 17:30 WIB

INDOZONE.ID - Umumnya perusahaan akan memilih pekerja yang sudah memiliki pengalaman untuk diterima menjadi karyawan. Tapi, jaringan hotel terkemuka di Eropa merekrut staf tanpa pengalaman kerja.

Hal ini dilakukan perusahaan di tengah kelangkaan tenaga yang membuat mereka tak mampu memenuhi permintaan pascapandemi.

Ribuan pekerja hotel dengan bayaran rendah meninggalkan industri itu ketika perjalanan internasional anjlok selama pandemi COVID-19.

Banyak dari mereka tidak kembali karena sudah mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih bak, sehingga pengusaha hotel kini kesulitan mencari pekerja.

Dilansir Antara, jaringan hotel terbesar di Eropa, Accor, sedang menggelar uji coba rekrutmen staf yang belum pernah bekerja di perhotelan, menurut CEO Accor Sebastien Bazin dalam wawancara dengan Reuters bulan lalu.

Baca juga: Hotel Super Instagramable di Jogja Ini Cuma Rp 100 Ribu Per Malam, Desainnya Unik

Accor, yang membawahi hotel-hotel terkenal seperti Mercure, ibis dan Fairmont di lebih dari 110 negara, memerlukan 35.000 pekerja di seluruh dunia.

"Kami coba di Lyon dan Bordeaux sepuluh hari lalu dan pekan ini kami mewawancarai calon tanpa resume, pengalaman kerja dan mereka akan direkrut dalam 24 jam," kata Bazin, dikutip dari Antara.

Kelangkaan staf sangat terasa dampaknya, terutama di Spanyol dan Portugal, di mana pariwisata menyumbang 13 persen dan 15 persen ekonomi di masing-masing negara itu sebelum pandemi.

Pengusaha hotel di sana menawarkan upah lebih besar, akomodasi gratis dan berbagai manfaat seperti bonus dan asuransi kesehatan.

Untuk menarik minat pekerja, perusahaannya menawarkan akomodasi, seperti hotel karena sedikitnya rumah sewa di dekat resor.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengundang orang kembali bekerja di sektor-sektor tersebut.

Di Spanyol, bar dan restoran pada kuartal pertama menambah gaji pekerjanya hampir sebesar 60 persen dari tahun lalu, menurut data resmi.

Tapi, industri pariwisata masih menjadi sektor yang membayar upah paling sedikit di Eropa.

Menurut survei bank sentral dan Institut Statistik Nasional, di Portugal, upah pekerja hotel diprediksi meningkat 7 persen tahun ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US