The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Negara yang Aman dari Bencana Gempa Bumi, Tertarik Tinggal Disini?
Ilustrasi kota Malta. (Corinthia)
Travel

5 Negara yang Aman dari Bencana Gempa Bumi, Tertarik Tinggal Disini?

Mana saja?

Rabu, 08 Juli 2020 11:58 WIB 08 Juli 2020, 11:58 WIB

INDOZONE.ID - Bencana alam merupakan bagian dari rangkaian kehidupan yang telah Tuhan ciptakan. Bencana alam juga kerap dijadikan sebagai pertanda buruk atau peringatan atas apa yang telah manusia lakukan. Gempa bumi menjadi bencana alam yang paling sering terjadi di sejumlah negara di dunia, Indonesia juga termasuk wilayah langganan gempa bumi.

Hal ini dikarenakan Indonesia berada diantara lempeng Australia, lempeng Eurasia dan lempeng pasifik. Aktivitas ketiga lempengan bumi ini cukup aktif makanya besar kemungkinan Indonesia mengalami gempa bumi. Tak hanya Indonesia, sejumlah negara juga mengalami hal serupa misalnya Jepang.

Tapi kamu tahu nggak sih, ternyata ada beberapa negara yang diklaim aman dari gempa bumi. Hal ini tentu berpengaruh dari letak geografis suatu negara tersebut. Penasaran negara apa saja sih yang aman dari gempa? Berikut ini Indozone telah merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (8/7/2020).

1. Arab Saudi

gempa
Ilustrasi kota Arab Saudi. (Businessinsider)

Arab Saudi menjadi negara yang dianggap paling aman dari bencana gempa bumi. Letak geografis Arab Saudi memiliki perlindungan siklon tropis. Selain itu, Arab Saudi juga minim dari aktivitas gunung berapi yang membahayakan. Pemerintah Arab Saudi memiliki strategi penanganan bencana alam seperti banjir, badai debu dan lainnya yang cukup efektif, sehingga masyarakat Arab Saudi bisa tenang saat terjadinya bencana.

2. Malta

gempa
Ilustrasi kota Malta. (Corinthia)

Negara yang berada di selatan Sisilia di Laut Mediterania yakni Malta, memiliki risiko aman terhindar dari bencana alam gempa bumi. Meski berada cukup dekat dengan patahan lempengan Eropa, namun lempeng Eropa terbilang pasif sehingga gempa bumi cukup jarang terjadi. Setidaknya dalam 500 tahun terakhir baru terjadi sekitar tujuh kali gempa bumi.

3. Singapura

gempa
Ilustrasi kota Singapura. (Fracturereality)

Meski berdekatan dengan Indonesia, rupanya Singapura menjadi salah satu negara yang mengklaim paling aman dari gempa bumi. Hal ini dikarenakan letak geografis Singapura jauh dari patahan lempengan utama serta berbatasan langsung dengan Malaysia dan Kalimantan. Biasanya bencana yang terjadi di Singapura seperti angin topan, banjir dan hujan es.

4. Barbados

gempa
Ilustrasi kota Barbados. (Barbadospocketguide)

Barbados merupakan negara yang terletak di Karibia Timur. Meski aman dari lempengan yang mengakibatkan gempa bumi, Barbadoos memiliki peluang mengalami bencana alam lainnya seperti angin topan, mengingat wilayahnya termasuk bagian dari kepulauan Karibia yang diketahui sering terjadi badai.  

5. Norwegia

gempa
Ilustrasi kota Norwegia. (Lifeinnorway)

Norwegia menjadi salah satu negara di Eropa yang minim bencana. Bencana terbesar yang pernah terjadi di Norwegia pada tahun 1980 berupa badai . Kemudian banjir bandang di tahun 2017 dan menyebabkan kerusakan yang luar biasa. Pemerintah Norwegia menjamin masyarakatnya meski terjadi bencana alam, sehingga keterpurukan pasca bencana tidak berlangsung lama.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US