Tradisi Masyarakat Turki Saat Rayakan Idulfitri
Hagia Sophia, Istanbul, Turki. (REUTERS/Umit Bektas)
Travel

Tradisi Masyarakat Turki Saat Rayakan Idulfitri

Minggu, 24 Mei 2020 07:41 WIB 24 Mei 2020, 07:41 WIB

INDOZONE.ID - Umat muslim dari berbagai negara di dunia punya tradisi tersendiri dalam merayakan hari raya Idulfitri. Misalnya di Turki, setiap hari raya tiba, masyarakat di negara itu pun melakukan beberapa tradisi khusus.

Tak berbeda jauh dengan di Indonesia, masyarakat di Turki biasanya merayakan Idulfitri dengan berkumpul bersama keluarga dan menyantap aneka makanan lezat yang dihidangkan khusus saat di hari raya.

Nah, berikut beberapa tradisi yang dilakukan masyarakat Turki saat merayakan hari raya Idulfitri.

Salat Eid

Salat Eid merupakan ibadah salat sunah yang dilakukan umat Islam saat menyambut hari raya Idulfitri dan Iduladha. Berbeda dengan di Indonesia, salat Eid di Turki hanya dilakukan oleh kaum prianya saja. Sementara kaum perempuannya tetap berada di rumah.

Bersalam-salaman

Masyarakat Turki juga punya tradisi saling berkunjung ke rumah sanak saudara pada saat hari raya Idulfitri. Setiap orang saling bersalam-salaman dan sambil mengucapkan 'Bayraminiz Mubarek Olsun' yang berarti 'selamat hari raya Idulfitri'.

Seker Bayram

Idulfitri di Turki juga dikenal sebagai seker bayram, yakni perayaan gula. Perayaan gula di sini maksudnya adalah pada saat hari raya Idulfitri, masyarakat Turki selalu menghidangkan makanan yang manis-manis, mulai dari permen, cokelat, hingga kudapan seperti baklava dan turkish delight.

Bayramlik

Sama seperti di Indonesia, masyarakat Turki juga mempunyai tradisi mengenakan pakaian baru untuk menyambut hari raya Idulfitri. Jika di Indonesia dikenal dengan 'baju hari raya', maka di Turki disebut 'Bayramlik'.

Ziarah ke makam

Masyarakat Turki juga mempunyai tradisi berziarah ke makam keluarga saat hari raya Idulfitri. Tradisi ini biasanya dilakukan setelah pulang dari menunaikan ibadah salat Eid.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US