The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Megah! Sudah 39 Tahun, Kuil Penuh Ukiran Ini Terus Dibangun Sampai Tahun 2050
Kuil penuh ukiran yang masih dibangun sampai sekarang (Vivi Sanusi/IDZ Creators)
Travel

Megah! Sudah 39 Tahun, Kuil Penuh Ukiran Ini Terus Dibangun Sampai Tahun 2050

Kamis, 07 April 2022 12:47 WIB 07 April 2022, 12:47 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia masuk daftar 63 negara yang bisa kembali mengunjungi Thailand. Ada tiga skema yang diberlakukan untuk pelaku perjalanan, termasuk turis internasional. Salah satunya skema bebas karantina Test & Go.

Ngomongin Thailand, Negeri Gajah Putih ini punya banyak pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan. Ada pantai dan lautnya yang sangat indah, makanannya yang terkenal lezat, surganya belanja barang murah, sampai beriwsata budaya ke sejumlah kuil yang punya keunikannya masing-masing. Enggak terkecuali Sanctuary of Truth yang letaknya dekat laut Pattaya, Thailand.

sanctuary of truth
Kuil megah yang penuh pahatan (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Sanctuary of Truth berbeda sama kuil kebanyakan yang ada di Thailand. Perpaduan antara kuil dan kastil, tempat ini sebagai apresiasi terhadap filsafat, seni, budaya, dan keyakinan. Bangunan kuil terbuat dari kayu yang berukit figur-figur dari mitologi China, Hindu dan Buddha. Taoisme dan Konfusianisme bisa ditemukan di salah satu dari empat sisi fasad eksteriornya.

sanctuary of truth
Salah satu spot foto favorit di Sanctuary of Truth (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Fakta menariknya adalah kuil yang dibangun sejak tahun 1981 ini diciptakan oleh jutawan Thailand Khun Lek Viriyaphant dan masih terus dibangun sampai sekarang. Diperkirakan seluruh pembangunan akan selesai tahun 2050 mendatang. Tinggi bangunan kuil ini mencapai 105 m dengan luas sekitar 2113 meter persegi. Penuh dengan berbagai ukiran yang detil dan indah, kuil ini terlihat begitu megah.

sanctuary of truth
Kuil penuh dengan ukiran yang detail dan indah (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Memasuki kuil ini kamu akan disambut dengan dua relief naga dan relief Dewa Shiva dan Dewa Parfati. Kedua relief ini adalah gambaran dari Sang Pencipta, yaitu ayah dan ibu bersama anak kecil. Ukiran ini mengartikan bahwa orang tua harus selalu bersatu dan mengasuh anak-anaknya. Di sisi lain bangunan ini juga terdapat kisah Ramayana.

Dengan ribuan patung kayu menghiasi dinding interior Sanctuary of Truth, patung-patung ini mewakili tujuh pencipta. Yakni Surga, Bumi, Bulan, Ayah, Ibu, Matahari dan Bintang.

sanctuary of truth
Bisa naik delman keliling kuil (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Tiket masuk ke kuil ini sekitar 500 Baht atau setara dengan Rp223 ribu ditambah tiket naik kereta kuda 50 Baht (Rp22 ribu). Harga yang setimpal dengan keindahan dan detail setiap bagian kuilnya yang bikin berdecak kagum.

Selain menikmati keindahan kuil kamu juga bisa melihat pagelaran tarian tradisional Thailand dan naik gajah menyusuri kawasan kuil.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Vivi Sanusi
Vivi Sanusi

Vivi Sanusi

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US