Pemula Mau Bermain Selancar? Kunjungi 2 Pantai Cantik Banyuwangi Ini
Pantai Pulau Tabuhan (Instagram/travellerindokece)
Travel

Pemula Mau Bermain Selancar? Kunjungi 2 Pantai Cantik Banyuwangi Ini

Disukai pengunjung

Jumat, 29 November 2019 11:24 WIB 29 November 2019, 11:24 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia kaya akan keindahan laut dan pantainya. Kamu yang ingin berselancar bisa datang ke tempat wisata lain selain Bali, lho. 

Berselancar sendiri telah menjadi budaya yang berkembang di luar olahraga itu sendiri. Perlengkapan pakaiannya telah berkembang di seluruh dunia karena banyaknya peminat surfing

Keterampilan bermanuver di papan selancar dapat dilakukan di berbagai lokasi selain di tepi pantai. Berselancar sambil berdiri mengikuti ombak pantai merupakan salah satu olahraga ekstrim yang cukup banyak disukai orang-orang. 

Kamu pemula dan ingin belajar berselancar, bisa mengunjungi kabupaten Banyuwangi yang terletak di ujung timur Jawa di seberang pulau Bali. 

Pantai di Banyuwangi tidak kalah cantik dengan pantai lainnya nih. Pantai-pantai di sini terletak dekat dengan kota, terpencil di luar hutan hujan atau tersembunyi di pulau terpencil. 

Pantai terkenal yang bisa bermain berselancar untuk pemula adalah Pantai Pulau Merah dan Pantai Pulau Tabuhan, masing-masing memiliki karakter khusus tersendiri yang disukai oleh pengunjung. 

Yuk coba berselancar di pantai terkenal banyuwangi, dilansir dari Indonesia Travel: 

1. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah (Infobanyuwangi)

Pantai Pulau Merah terletak cukup dekat dengan kota Banyuwangi yang berjarak sekitar 60 km atau 2-2,5 jam untuk berkendara hingga sampai ke pantai itu. 

Disebut Pulau Merah karena pasir pantai putih telah bercampur dengan tanah di bawahnya yang telah turun ke pulau berbentuk gunung ini. Pulau ini memiliki tanah merah dan tumbuh dengan tumbuh-tumbuhan yang subur. 

Beberapa orang juga mengatakan bahwa disebut Pulau Merah karena langit kemerahan yang tercipta ketika matahari terbenam menyentuh pasir merah tua. 

Pada akhir pekan, Pulau Merah sesak dengan pengunjung lokal karena letaknya yang dekat dengan kota dan mudah diakses transportasi darat. 

Pantai Pulau Merah juga beberapa kali mengadakan kompetisi selancar tingkat internasional. Lokasinya yang sempurna untuk kompetisi selancar karena ombaknya yang konsisten dan dasar laut yang berpasir. 

Selancar di Pantai Pulau Merah
Selancar di Pantai Pulau Merah (Instagram/redislandsurfcamp)

Gelombang panjangnya pun memiliki ketinggian sekitar 2 hingga 5 meter yang membuatnya sempurna untuk melatih keterampilan berselancar. 

Terdapat kamp-kamp selancar yang ada di sekitar pantai, mereka menawarkan peralatan untuk disewa dan pelajaran dasar tentang cara menaiki ombak. Anak-anak juga antusias dan tertarik untuk mengikuti pelatihan ombak, lho. 

2. Pantai Pulau Tabuhan

Pantai Pulau Tabuhan
Pantai Pulau Tabuhan (Instagram/landofosing.banyuwangi)

Pantai Pulau Tabuhan terletak di selat Bali antara Jawa dan Bali. Pulau tak berpenghuni seluas 5 hektar ini memiliki angin yang sempurna untuk selancar layang-layang dan selancar angin. 

Berselancar layang-layang adalah olahraga yang menggunakan papan yang diikat dengan aman di kaki, layang-layang ini diproduksi dengan kain tahan lama khusus dan pegangan untuk membantu cengkraman kamu. 

Kecepatan angin akan menerbangkan layang-layang dan membawa kamu mengelilingi permukaan laut yang memungkinkan kamu membuat gerakan seperti melompat atau memutar. 

Pada bulan Agustus 2015, acara Pro Kiteboarding diadakan di sini untuk mengundang peselancar layang-layang dari penjuru dunia. Gambaran pemandangan pasir putih yang sempurna dan air jernih yang dipadukan dengan kecepatan angin hingga 25 knot menjadikan bagian khusus dari Banyuwangi ini menjadi tujuan wisata baru yang potensial.

Sementara itu, selancar angin adalah kombinasi dari selancar berdiri dan berlayar. Papannya memiliki layar yang melekat dengan sebuah pegangan untuk dipegang. 

Angin kencang yang sempurna akan menyapu kamu dengan cepat melintasi lautan, memberikan sensasi manuver di sekitar lautan melalui kekuatan alam.

Kedua jenis selancar bertenaga angin ini sangat menyenangkan untuk dicoba bagi pemula. Tetapi pengunjung perlu membawa peralatan sendiri untuk mencoba kegiatan ini di sini, karena tidak ada tempat untuk penyewaan mereka. 

Pulau Tabuhan memang sepotong surga, dengan keindahan murni dan air biru yang jernih yang dicintai oleh penduduk setempat. 

Sederet kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pantai Pulau Tabuhan ini adalah bermain di pasir, berenang, dan snorkeling. Belum banyak fasilitas dan akomodasi di sana, diharapkan membawa makanan persediaan untuk kamu yang ingin ke sini. Jangan lupa, bawa kantong sampah juga ya, bantu jaga pantai cantik ini tetap rapi dan bersih ya. 

Snorkeling di Pantai Pulau Tabuhan
Snorkeling di Pantai Pulau Tabuhan (Instagram/guidejawatimur)

Itu dia dua tempat yang nyaman untuk berselancar, Banyuwangi merupakan kota kecil yang memiliki permata dan dapat memikat pengunjung. 

Nikmati alam yang menenangkan dengan momen tak terlupakan untuk kamu. Kapan nih ke Banyuwangi? 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Bela
Bela

Bela

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU