Penuh Keajaiban, Ini 5 Tips untuk Kamu yang Ingin Berkunjung ke India
Ilustrasi Taj Mahal (Pexels/Sudipta Mondal)
Travel

Penuh Keajaiban, Ini 5 Tips untuk Kamu yang Ingin Berkunjung ke India

Tetap tenang

Senin, 02 Desember 2019 12:20 WIB 02 Desember 2019, 12:20 WIB

INDOZONE.ID - Film dan drama India sudah akrab di benak masyarakat Indonesia, tetapi apakah kamu tertarik mengunjungi negara ini secara langsung? 

India identik dengan semrawut, memperdaya, 'gila', menjengkelkan, mengagumkan, kotor, indah, menakutkan, luar biasa, dan tentu saja negara ini penuh dengan keajaiban. 

Lalu, apa yang perlu kamu persiapkan untuk perjalanan ke India nanti? Ini dia tips yang bisa kamu terapkan saat akan traveling ke India, dilansir dari Lonely Planet

1. Tetap tenang 

Ilustrasi tenang
Ilustrasi tenang (Pexels/Kasuma)

Dengan segala keindahan dan keajaibannya, India memiliki reputasi buruk untuk calo, penipuan, dan kerepotan lainnya. Tetapi, akan selalu ada cara untuk mengurangi kemungkinan ditagih berlebihan atau tertipu. 

Dan dipastikan kamu akan mengalami beberapa kali pertemuan dengan scammer dalam perjalanan, jadi berhati-hati lah. 

Secara khusus, hati-hati terhadap pengemudi taksi atau becak yang bersikeras membawa kamu ke hotel, toko, atau agen perjalanan tertentu, karena akan ada biaya komisi yang akan ditambahkan ke tagihan kamu. 

Satu-satunya saran terpenting untuk traveler pemula di India adalah berusaha tetap tenang apapun yang terjadi.  Rasa frustasi akan mudah kamu alami saat tiba di India, cobalah tarik napas dalam-dalam dan nikmati waktu liburan kamu. 

Berhati-hatilah di mana pun kamu berada, karena selalu ada kemungkinan untuk kehilangan uang atau ditipu. Saling mengingatkan untuk menjaga barang satu sama lain dengan rekan traveler-mu. 

2. Pelan-pelan 

Ilustrasi pilih tempat yang menarik
Ilustrasi pilih tempat yang menarik (Pexels/Porapak Apichodilok)

Saat traveling, mungkin banyak tempat yang ingin kamu kunjungi, untuk mendapatkan perjalanan terbaik, pilihlah beberapa tempat menarik dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Traveling ke India, kamu bisa menghabiskan beberapa hari di satu tempat, lihat tempat sekeliling di mana kamu berada, kenali beberapa orang yang kamu temui. 

Mengenal penduduk setempat yang ramah akan mendapatkan momen berkesan dalam perjalanan kamu. 

3. Melarikan diri dari keramaian

Ilustrasi tempat tenang
Ilustrasi tempat tenang (Pexels/Leonie Fahjen)

Penduduk India mencapai satu miliar lebih, saat kamu traveling ke sana tentu kamu akan mudah menemukan tempat yang ramai. Tempat yang terlalu ramai mungkin menyenangkan jika ada festival, tetapi jika tidak, mungkin kamu akan mudah stres. 

Untungnya, India memiliki banyak tempat istirahat yang tenang, kamu bisa merencanakan beberapa perjalanan santai ke sana. 

Agar baterai kamu tetap terisi daya, habiskan beberapa hari atau minggu di kota, selanjutnya ke pedesaan atau kota kecil. 

Jika kamu mencari kedamaian batin, pergilah ke selatan ke daerah terpencil dan pantai Kerala, atau ke utara ke stasiun bukit India yang menawan atau lembah Himalaya yang dipengaruhi Tibet di Ladakh, Sikkim, dan Himachal Pradesh.

4. Tetap sehat 

Ilustrasi cuci tangan
Ilustrasi cuci tangan (Pexels/Burst) 

India memiliki reputasi yang agak terkenal di kalangan pelancong yaitu sakit perut. Saat traveling, tentu kamu tidak ingin jatuh sakit, maka perhatikan daerah di India. 

Langkah-langkah untuk menghindari sakit perut adalah jangan pernah minum dari air pancuran (mengalir) dan jauhi makanan apa pun yang telah dicuci dengan air tersebut. 

Sebagai tindakan pencegahan lainnya, hindari es, es krim, salad, serta buah yang tidak kamu kupas sendiri. Perhatikan makanan yang dijual di pinggir jalan, lihat perlahan apakah terlihat bersih. 

Saat traveling ke India, banyak pelancong memilih menjadi vegetarian dan itu bukan ide yang buruk, di tambah lagi orang India cenderung vegetarian, dan mungkin akan lebih mudah kamu menemukan makanan vegan yang minim risiko untuk perut. 

Tetapi Jika kamu ingin memakan daging, pastikan dagingnya dimasak dengan baik, dan lihat di kios atau restoran yang penuh dengan penduduk lokal (barometer terbaik untuk standar kebersihan).

Saat kamu berada di jalan dan ingin menggunakan toilet, pastikan kamu membawa tisu basah. Kamu juga perlu membawa sabun cair untuk mencuci tangan setelahnya. 

Kamu juga perlu membawa hand sanitizer untuk digunakan sebelum makan dan membersihkan jari-jari setelah makan. 

5. Pilih rute terbaik 

Ilustrasi perjalanan
Ilustrasi perjalanan (Pexels/Alfonso Escalante)

Wilayah India cukup luas untuk dijelajahi traveler dan kamu mungkin tidak memiliki waktu untuk melihat semuanya dalam satu perjalanan. Pikirkan tentang minat, apa yang kamu sukai, berapa banyak waktu yang kamu miliki di India, dan sesuaikan perjalanan kamu. 

Pikirkan matang-matang, tempat mana saja yang akan kamu kunjungi, kamu bisa mendapatkan lebih banyak perjalanan jika kamu memusatkan di wilayah selatan atau utara saja. 

Tetapi, kamu juga bisa memilih penerbangan lokal jika ingin melihat tempat yang cukup jauh atau bisa menempuh kereta jarak jauh dengan harga yang lebih murah, sehingga pelancong bisa melewati area selatan dan utara. 

Rencanakan liburan menyenangkanmu dengan memilih rute terbaik di negara penuh pesona ini. Itu dia 5 tips yang bisa kamu terapkan jika ingin traveling ke India. Apakah Sahabat Indozone pernah berkunjung ke India? 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Bela
Bela

Bela

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU