Tips Piknik Aman Dimulai dari  Memilih Bus Pariwisata
Tips aman memilih bis pariwisata untuk piknik (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Travel

Tips Piknik Aman Dimulai dari Memilih Bus Pariwisata

Khusus buat yang nggak pakai kendaraan pribadi

Jumat, 17 Januari 2020 18:00 WIB 17 Januari 2020, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Pergi berwisata merupakan idaman semua orang, mulai dari kamu milenial hingga kaum kolonial. Tak hanya berwisata bersama pasangan atau keluarga, namun juga bisa bersama para kolega atau bahkan sendirian. 

Namun demikian, ada hal-hal yang patut dijadikan pedoman sebelum piknik. Terutama jika pergi menggunakan bus atau angkutan pariwisata. 

Direktur Angkutan Jalan dan Multimoda Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani memberikan tips untuk memilih angkutan bus pariwisata yang aman dan nyaman, agar liburan menjadi menyenangkan.

1. Lakukan pengecekan kendaraan

Ahmad Yani mengatakan, hal mendasar dan yang paling mudah dilakukan oleh panitia wisata ketika akan memesan bus pariwisata adalah melakukan pengecekan terhadap aspek legalitas dan prosedur keselamatan penumpang. 

"Cek busnya, apakah memenuhi standar keselamatan atau tidak dengan melihat buku Uji Kelayakan. Kedua, cek apakah seluruh administrasi terpenuhi atau tidak dengan melihat kartu pengawasan. Di setiap bus itu ada," kata Ahmad Yani kepada Indozone, ditemui usai diskusi PWI di Jakarta, Jumat (17/1/2020). 

2. Cek pengemudi. 

Aspek penentu keamanan dan keselamatan perjalanan. Selain dari sarana kendaraannya, jangan lupakan untuk mencari tahu siapa pengemudinya. 

Menurut Ahmad Yani, mengetahui apakah pengemudi bus tersebut memiliki aspek legalitas seperti SIM yang sesuai dengan kendaraan yang dibawa sangat penting. Selain itu, jangan lupakan untuk memastikan kesehatan sang pengemudi sebelum berangkat.

3. Jangan terjebak harga murah. 

Menurut Ahmad Yani, konsumen di Indonesia cenderung selalu memilih sesuatu yang lebih murah atau terjangkau, ketimbang kualitas yang ditawarkan. Jangan pilih bis yang asal murah tanpa memperhatikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan.  

"Jangan cari yang harganya murah tapi nggak pakai rem, dan cek juga perusahaannya seperti apa," tuturnya. 

4. Pilih tempat wisata yang tepat

Faktor bus dan pengemudi memang utama, namun pemilihan lokasi wisata juga perlu diperhitungkan. Ahmad Yani menyarankan agar masyarakat yang akan pergi wisata memastikan bahwa di tempat wisata tersebut menyediakan tempat khusus untuk istirahat pengemudi. 

"Para penumpang juga harus aktif mengingatkan driver jika cara mengemudinya sudah goyang kanan goyang kiri, artinya sudah ugal-ugalan. Jangan takut untuk mengingatkan," pungkasnya. 

Selamat piknik!
Selamat piknik! (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Sigit Nugroho
M Fadli

M Fadli

Writer
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU