Ini Alasan Mengapa Pesawat Dilarang Terbang di Atas Antartika
Pulau Merah di Antartika. (Pixabay)
Travel

Ini Alasan Mengapa Pesawat Dilarang Terbang di Atas Antartika

Kamis, 16 Januari 2020 10:48 WIB 16 Januari 2020, 10:48 WIB

INDOZONE.ID - Dalam dunia penerbangan, ada larangan bagi pesawat komersil untuk terbang melintasi Antartika yang berada di Kutub Selatan. Aturan tersebut ternyata bukan tanpa alasan.

Meski semakin berkembangnya teknologi pesawat terbang, tetap saja pesawat komersil dilarang untuk terbang di atas benua paling selatan Bumi tersebut.

Salah satu alasan mengapa pesawat komersil dilarang untuk terbang di atas Antartika adalah karena alasan faktor keamanan dan keselamatan penerbangan sipil.

"Terbang di wilayah kutub yang kuat magnet Buminya adalah mimpi buruk bagi setiap pilot. Sebab, arah navigasi rada menjadi tidak berarti," kata seorang pilot asal Amerika Serikat yang tak mau disebutkan identitasnya itu.

Ditambah lagi, di Antartika tidak ada bandara yang memadai sebagai tempat mendarat pesawat komersil. Di sana lanskapnya hanya berupa pegunungan dengan dataran es, serta tidak dihuni oleh penduduk tetap.

Jika pesawat komersil melintasi Antartika dan tiba-tiba harus mendarat darurat, maka kondisi tersebut sangat membahayakan. Bukan hanya karena tidak adanya landasan pacu, penumpang dan awak kabin juga harus berjuang melawan suhu dingin dan bakal sulit juga meminta pertolongan.

Kendati begitu, pesawat-pesawat kecil atau pesawat bermesin satu masih diizinkan untuk terbang ke Antartika. Pesawat-pesawat itulah yang selalu membawa para peneliti dan pendaki Gunung Vinson Massif.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU