The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penemuan Anak Panah Berumur 6000 Tahun oleh Arkeolog Norwegia
Penemuan anak panah berumur 6000 tahun di Norwegia. (Times of India/ Glacier Archaeology Program, Innlandet County Council)
Travel

Penemuan Anak Panah Berumur 6000 Tahun oleh Arkeolog Norwegia

Jumat, 27 November 2020 12:17 WIB 27 November 2020, 12:17 WIB

INDOZONE.ID - Lusinan anak panah berumur 6000 tahun berhasil ditemukan oleh para arkeolog di Norwegia. 

Melansir Times of India, anak panah itu ditemukan di pegunungan tinggi negara itu yang mencair dari hamparan es seluas 60 hektar.

Kabarnya, karena perubahan iklim, anak panah itu berasal dari Zaman Batu hingga Abad Pertengahan telah mencair dari satu petak es di Norwegia dalam beberapa tahun terakhir.

Sesuai laporan, para peneliti dari Universitas Oslo, Cambridge, dan Bergen mengumpulkan sekitar 68 anak panah yang masih menempel satu sama lain dengan artefak lainnya. 

Hampir semua barang itu ditemukan di dekat area lereng gunung yang tidak lebih besar dari 18 hektar di wilayah selatan Norwegia.

Sementara itu, panah tertua berasal dari sekitar 4100 SM yang baru kemungkinan berasal dari 1300 M, sesuai analisis radiokarbon. 

Fakta tersebut menimbulkan berbagai pertanyaan tentang kondisi lingkungan pada periode tertentu yang lebih cenderung mempertahankan anak panah yang jatuh tersebut dibandingkan pada waktu lainnya. 

Catatan menunjukkan bahwa mungkin ada berbagai alasan seperti aktivitas berburu rusa kutub yang bisa berperan.

Selain itu, beberapa mata panah dari berbagai bahan, ada yang berhasil bertahan hingga saat ini, seperti besi, tulang hewan, dan yang terbuat dari cangkang kerang. 

Dalam kasus lain, ditemukan bahwa beberapa anak panah bahkan berhasil menahan tar dan benang yang digunakan untuk memasang panah ke batang kayu mereka.

Selain panah, hampir 300 spesimen tulang dan tanduk rusa juga telah disekresikan oleh es. 

Para arkeolog berpendapat bahwa daerah tersebut berfungsi sebagai lokasi utama untuk berburu rusa selama ribuan tahun.
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US