The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Danau Toba, Ini Danau Terdalam di Asia Tenggara  dengan Kedalaman sampai 590 M
Danau Matano. (foto/istimewa)
Travel

Bukan Danau Toba, Ini Danau Terdalam di Asia Tenggara dengan Kedalaman sampai 590 M

Kamis, 26 Agustus 2021 16:22 WIB 26 Agustus 2021, 16:22 WIB

INDOZONE.ID - Sebagian besar orang mengetahui jika danau terdalam di Asia Tenggara adalah Danau Toba. Namun ternyata itu adalah hal keliru lantaran Danau Toba bukanlah danau yang terdalam. Lantas dimanakah danau terdalam tersebut berada?

Berdasarkan unggahan Instagram Kementerian PUPR, ternyata danau terdalam di Asia Tenggara adalah Danau Matano yang ada di Sulawesi Selatan.

Danau tersebut rupanya memiliki kedalaman 590 m, 85 meter lebih dalam dari kedalaman Danau Toba yang hanya 505 meter. 

"Ternyata bukan Danau Toba, #SahabatPUPR. Danau terdalam di Indonesia adalah Danau Matano di Sorowako, Sulawesi Selatan yang juga merupakan danau terdalam di Asia Tenggara. Kedalamannya mencapai 590 meter lho, Sahabat," kata Kementerian PUPR, dikutip pada Kamis (26/8).

Danau Matano ternyata masuk dalam kawasan yang dilindungi dan di sekitarnya ada 2 danau lagi yaitu Danau Mahalona dan Danau Towuti.

"Kawasan Danau Matano merupakan kawasan konservasi yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam. Danau ini juga merupakan habitat bagi beberapa spesies fauna dan flora endemik," kata Kemenpupr.

Danau Matano juga masuk ke dalam 15 danau prioritas dan merupakan danau revitalisasi.

"Danau Matano masuk ke dalam 15 danau prioritas yang akan direvitalisasi secara bertahap oleh Kementerian PUPR. Revitalisasi danau bertujuan untuk mengembalikan fungsi alami danau sebagai tampungan air melalui pengerukan sedimen, pembersihan gulma air/eceng gondok, pembuatan tanggul, termasuk penataan di kawasan daerah aliran sungai," kata Kemenpupr lebih lanjut.

Dalam bahasa Dongi, Matano artinya mata air. Dongi adalah salah satu desa yang terletak di Kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau Matano memiliki luas 16 ribu hektar dengan panjang hampir 28 km dan lebarnya 8 km.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Silvia Marissa
Dina

Dina

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US