The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Staf Kemenparekraf:  Turis Domestik Hidupkan Seluruh Aktivitas Wisata
Indonesia. (photo/Ilustrasi/Pexels/Dio Hasbi Saniskoro)
Travel

Staf Kemenparekraf: Turis Domestik Hidupkan Seluruh Aktivitas Wisata

Rabu, 01 Desember 2021 16:30 WIB 01 Desember 2021, 16:30 WIB

INDOZONE.ID - Sejumlah negara mulai membuka perbatasan untuk menerima kedatangan turis asing, termasuk di Indonesia. Bahkan, wabah virus COVID-19 membawa berkah baik di balik musibah, di mana wisatawan  dalam negeri biasanya melancong ke luar negeri, punya kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan Indonesia. 

Melihat hal itu, Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Henky Manurung mengatakan yakin turis nusantara adalah pahlawan yang berperan penting dalam geliat pariwisata di seluruh Indonesia saat pandemi. Melihat hal itu, dia memberikan komentarnya. 

"Wisatawan domestik adalah pahlawan yang menghidupkan seluruh aktivitas wisata," ungkapnya dalam konferensi pers daring. 

"Orang-orang sadar diri sekarang mereka punya kesempatan menikmati negerinya dan mendalami negerinya," jelasnya. 

Ke depannya, wisata alam akan diprediksi meningkat dan semakin diminati dan perjalanan antarkota dan antarprovinsi semakin ramai dikarenakan infrastruktur yang semakin mendukung. 

Selain itu, turis juga lebih suka mengatur rencana perjalanan sendiri sesuai dengan selera mereka, dan mengajak rombongan yang lebih sedikit hingga mementingkan pengalaman yang otentik. 

"Ada kecenderungan media digital jadi alat memesan dan media sosial akan menjadi tren," katanya. 

Untuk menyambut tahun baru nanti, Henky berharap bahwa masyarakat di Indonesia tetap disiplin dalam jalani protokol kesehatan agar pandemi semakin mudah untuk diatasi. Selain itu, dia berpesan kepada seluruh pelaku pariwisata untuk menaati prokes dan aturan yang ada. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US