The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Miaw, Turki punya Apartemen untuk Kucing Liar. Ada Kasurnya juga, Lho!
Apartemen kucing dengan fasilitas lengkap (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)
Travel

Miaw, Turki punya Apartemen untuk Kucing Liar. Ada Kasurnya juga, Lho!

Jumat, 07 Januari 2022 13:37 WIB 07 Januari 2022, 13:37 WIB

INDOZONE.ID - Kalau ada negara yang dijuluki penyayang kucing, Turki pantas menyandangnya.

Di berbagai penjuru negeri Erdogan ini, kamu bisa dengan mudah bertemu kucing-kucing liar menggemaskan. Mereka bebas berkeliaran dan santai berinteraksi dengan manusia.

turki negeri kucing
Apartemen Kucing terdiri dari 3 lantai dan 64 kamar (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Hampir setiap kota di Turki, punya fasilitas khusus untuk kucing. Salah satunya di Antalya. Rumah-rumah kucing tersebar di taman kota dan area publik.

Namun fasilitas ini belum cukup menampung populasi kucing liar yang kian melonjak. Akhirnya, pemerintah setempat membangun Kedi Apartmani alias Apartemen Kucing. Fasilitas unik ini resmi dibuka 17 Februari 2021 silam.

apartemen kucing turki
Kucing liar di Turki dapat makanan gratis (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Apartemen kucing terdiri dari 3 lantai, dengan 64 kamar. Lengkap dengan alas tidur empuk, agar kucing-kucing jalanan merasa nyaman beristirahat.

Enggak ketinggalan, makanan dan air bersih selalu tersedia melimpah, sehingga mereka enggak kelaparan. Makanan kucing merupakan hasil daur ulang limbah makanan dari dapur-dapur warga, kafe dan restoran di Antalya.

apartemen kucing turki
Fasilitas untuk kucing tersebar di penjuru Antalya (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Untuk area bermain kucing, ada ruang terbuka hijau yang luas, berbagi dengan manusia. Rambu lalu lintas khusus juga terpasang, di kawasan bermain mereka. Apartemen Kucing dibersihkan secara teratur.

Penghuninya-pun dimandikan berkala dan divaksin untuk menghindari berbagai penyakit. Warga juga boleh ikutan memberi makanan kucing dan menjadi sukarelawan yang membantu pemerintah merawat kucing-kucing liar.

apartemen kucing turki
Contoh rambu untuk kucing (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Enggak cuma sekadar hunian kucing. Apartemen ini juga menjadi wahana edukasi masyarakat, khususnya anak-anak. Di sini mereka belajar merawat dan menyayangi satwa.

Turki termasuk negara yang menentang euthanasia atau suntik mati pada hewan. Sehingga rumah dan apartemen kucing menjadi solusi sementara, untuk mengatasi populasi kucing.

Sejarah panjang hubungan Turki dengan kucing liar, konon bermula di jaman kekaisaran Ottoman. Kala itu, kucing liar membantu melindungi kota dari serangan tikus dan hama lainnya.

Mereka bertugas menjaga rumah kayu, yang menjadi gudang persediaan makanan. Juga melindungi buku-buku langka dan dokumen penting yang riskan dirusak tikus.

Buat Cat Lovers, tepat nih masukin Turki dalam daftar destinasi liburan kalian!

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini

IDZ Creators
IDZ Creators
TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US