4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Merencanakan Liburan
Ilustrasi berlibur. (Envatoelements/Rawpixel)
Travel

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Merencanakan Liburan

Agar liburan lebih menyenangkan.

Senin, 16 Maret 2020 16:05 WIB 16 Maret 2020, 16:05 WIB

INDOZONE.ID - Saat memiliki waktu luang, hal paling tepat yang dapat dilakukan adalah pergi berlibur. Liburan dapat membantu menyegarkan pikiran dan membuatmu lebih menikmati hidup. Sehingga saat kembali menjalani rutinitas, kamu bisa lebih fokus dan bersemangat.

Kamu bisa pergi berlibur dengan keluarga, sahabat, dan pasangan. Namun kalau kamu butuh waktu sendiri, melakukan solo traveling juga tak jadi masalah, kok.

Saat kamu memutuskan untuk berlibur, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal agar liburanmu jadi lebih tenang seperti empat hal di bawah ini.

1. Sesuaikan Budget

 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merencanakan Liburan
Ilustrasi budget liburan. (Envatoelements/Prostock-studio)

Hal pertama yang perlu kamu pikirkan adalah menyesuaikan antara budget yang kamu miliki dengan rangkaian liburanmu nanti, seperti lokasi tujuan, transportasi menuju lokasi, penginapan, akomodasi, serta hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan selama liburan. Jangan sampai kamu memilih liburan yang anggarannya melebihi budget yang kamu miliki, ya.

2. Menentukan Transportasi Menuju Lokasi Liburan

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merencanakan Liburan
Ilustrasi wanita berlibur. (Envatoelements/romankosolapov)

Setelah kamu selesai memutuskan tujuan liburanmu, langkah selanjutnya adalah mencari transportasi untuk pergi kesana.

Jika kamu harus menggunakan transportasi umum seperti kereta atau pesawat, kamu harus mencari tiket secepat mungkin. Sebab, semakin mendekati hari-H, harga tiket akan semakin mahal.

Usahakan mencari tiket dari berbagai macam sumber, ya. Dengan begitu kamu bisa melihat perbandingan harga dan mendapatkan tiket dengan harga termurah.

3. Memilih Tempat Menginap

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merencanakan Liburan
Ilustrasi tempat penginapan. (Envatoelements/Redzen2)

Untuk menghemat budget, pilihlah tempat menginap yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan tempat menginap tidak jauh dari destinasi wisata agar kamu bisa menghemat waktu perjalanan.

Kalau kamu adalah tipe orang yang senang menghabiskan waktu di penginapan, kamu boleh memilih tempat menginap yang sedikit lebih mahal dengan fasilitas lengkap. Sehingga kamu tetap bisa mendapatkan suasana liburan meski sering berdiam diri di penginapan.

4. Menentukan Akomodasi Selama Berlibur

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merencanakan Liburan
Ilustrasi wanita berlibur. (Envatoelements/peus80)

Saat berlibur kamu akan memerlukan alat transportasi untuk pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Meskipun saat ini ada transportasi online, tak semua lokasi liburan bisa terjangkau olehnya. Sehingga, lebih baik kamu menyewa kendaraan seperti motor atau mobil selama beberapa hari, kamu pun bisa lebih bebas untuk pergi kemanapun.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Content Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU