Sebelum Terlambat, 6 Destinasi Terancam Punah Ini Wajib Dikunjungi
Ilustrasi/Pixabay
Travel

Sebelum Terlambat, 6 Destinasi Terancam Punah Ini Wajib Dikunjungi

Selasa, 13 Agustus 2019 16:07 WIB 13 Agustus 2019, 16:07 WIB

INDOZONE.ID - Jumlah kunjungan wisatawan yang kian melonjak membuat sejumlah destinasi wisata populer di dunia mengalami kerusakan. Bahkan ada sejumlah negara yang memang sengaja menutup sementara destinasi populer itu untuk memulihkannya kembali.

Selain itu, bahkan ada lagi menyebutkan ada sejumlah destinasi wisata di dunia yang bakal terancam punah dan tak bisa dikunjungi dalam beberapa tahun lagi. Salah satu alasannya karena dipengaruhi faktor alam dan waktu yang berubah-ubah.

Dilansir Indozone dari situs Jetsetter, Selasa (13/8), berikut sejumlah destinasi wisata populer yang terancam punah.

Yuk kunjungi sebelum terlambat!

1. Laut Mati, Israel

Pixabay
Pixabay

Laut Mati yang berada di Israel dikenal dengan perairan dengan kadar garam yang tinggi. Banyak wisatawan yang datang memang sengaja untuk berendam dan merasakan sensasi mengapung tanpa takut tenggelam.

Namun sayangnya, lantaran dalam 4 dekade terakhir semakin masifnya penambangan mineral dan garam, membuat Laut Mati terus mengalami kerusakan. Menurut ilmuwan sendiri, pesisir Laut Mati terus berkurang 1 meter per tahun dan mungkin akan hilang dalam 50 tahun ke depan.

2. Gunung Kilimanjaro, Kenya

Pixabay
Pixabay

Salju abadi yang berada di puncak Gunung Kilimanjaro, Kenya dikabarkan terus mencair. Hal itu diakibatkan oleh pemanasan global yang kian mengerikan.

Menurut laporan, gletser dan salju di puncak Kilimanjaro terkikir sebanyak 1 persen setiap tahunnya dan diperkirakan akan hanya bertahan dalam 15 tahun ke depan.

3. Venesia, Italia

Pixabay
Pixabay

Membludaknya turis yang berkunjung ke kota kanal Venesia, Italia menjadi faktor utama kerusakan kota tersebut. Selain itu, kota yang berdiri di atas laguna tersebut memiliki struktur tanah yang tidak stabil yang diperkirakan kota itu bisa saja tenggelam dalam beberapa tahun ke depan.

Seperti sekarang, banjir sudah kerap terjadi di Venesia, dan jika air laut bisa naik hingga di ketinggian 10 meter. Venesia akan tenggelam sepenuhnya.

4. Taj Mahal, India

Pixabay
Pixabay

Kunjungan turis yang kian membludak dan bahkan membuat pihak pengelola memberlakukan pembatasan waktu kunjungan. Dekat dari sungai Yamuna, keberadaan Taj Mahal pun makin dikhawatir terancam, karena fondasinya dikabarkan terus mengalami penurunan.

Bahkan di masa mendatang, Taj Mahal bisa saja dilihat dari kejauhan.

5. Maladewa

Pixabay
Pixabay

Maladewa merupakan negara kecil kepulauan yang datarannya hanya berada di ketinggian 10 mdpl. Seiring membludaknya turis, Maladewa pun diperkirakan bakal tenggelam karena air laut yang terus mengalami kenaikan.

6. Tembok Besar China

Pixabay
Pixabay

Dibangun sejak 2.000 tahun yang lalu, Tembok Besar yang berada di China merupakan struktur bangunan buatan manusia terbesar dalam sejarah peradaban dunia.

Seiring berjalannya waktu, Tembok Besar pun perlahan-lahan mulai mengalami kerusakan karena faktor usia yang sudah sangat tua, selain itu ada cuaca dan juga pertanian warga setempat.

TAG
Ananda Fakhreza Lubis
Ananda Fakhreza Lubis

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU