The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Raudhatul Jannah, Masjid Unik Berbentuk Kubus dengan Tempat Wudu Sangat Indah!
Masjid unik berbentuk kubus (Riki Ariyanto/IDZ Creators)
Travel

Raudhatul Jannah, Masjid Unik Berbentuk Kubus dengan Tempat Wudu Sangat Indah!

Jumat, 06 Mei 2022 14:02 WIB 06 Mei 2022, 14:02 WIB

INDOZONE.ID - Masjid Raudhatul Jannah termasuk satu di antara masjid unik yang ada di Kota Pekanbaru, Riau. Berada di jantung kota dengan seni arsitektur yang menarik, membuat banyak pengunjung sengaja mampir ke masjid ini.

Masjid Raudhatul Jannah berada di Jalan Tuanku Tambusai, atau enggak jauh dari Bandara Internasional Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau. Dari kejauhan sudah tampak menara tinggi dengan bangunan induk berbentuk kubus. Berbeda dengan bangunan masjid lain yang biasanya dengan kubah-kubah besar.

masjid raudhatul jannah
Masjid berbentuk kubus, unik dan megah (Riki Ariyanto/IDZ Creators)

Warna bangunan luar dominan abu-abu berbeda dengan kebanyakan masjid yang biasanya warna hijau atau kuning. Halaman masjid dipenuhi lapak pedagang yang menjual buku-buku agama, baju muslim, hingga parfum.

Beberapa pohon kurma juga ditanam di halaman. Sebelum pintu masuk terdapat tempat wudu dengan bentuk unik. Enggak jarang para jemaah datang dari luar kota untuk membuktikan uniknya tepat wudu di masjid ini.

masjid raudhatul jannah
Tempat wudu masjid yang unik dan mirip bunga mekar (Riki Ariyanto/IDZ Creators)

Didesain sangat indah, tempat wudu di sini berbeda sama masjid pada umumnya. Sekilas wujudnya mirip payung atau bunga yang sedang mekar, dengan corak warna kecokelatan.

Masuk ke dalam masjid, mata kamu akan dibuat terpana dengan kemegahannya. Kali ini warna cokelat muda dan tua mendominasi bangunan bagian dalam. Warna karpet untuk salat juga senada warnanya.

masjid raudhatul jannah
Interiornya megah, dengan dominasi warna cokelat muda (Riki Ariyanto/IDZ Creators)

Meski hanya bermodalkan kipas angin, namun bagian dalam masjid sangat sejuk. Rahasianya berasal dari dinding roster yang memudahkan sirkulasi udara, sehingga membuat masjid lebih sejuk.

Masjid ini bisa menampung hingga 3.000 jemaah. Selain ibadah salat lima waktu, selama Ramadhan masjid Raudhatul Jannah banyak dikunjungi orang-orang untuk beribadah dan mengikuti kajian rutin sehabis Maghrib atau Subuh.

Masjid ini juga rutin menggelar tradisi buka puasa bersama selama Ramadhan. Bahkan Masjid Raudhatul Jannah dikenal sebagai tempat yang menyajikan takjil terbanyak, bisa ratusan hingga lebih dari 1.000 takjil gratis.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Riki Ariyanto
Riki Ariyanto

Riki Ariyanto

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US