Dimana Limbah Toilet Pesawat Dibuang?
Ilustrasi/dailymail
Travel

Dimana Limbah Toilet Pesawat Dibuang?

Senin, 28 Oktober 2019 11:08 WIB 28 Oktober 2019, 11:08 WIB

INDOZONE.ID - Apakah kamu bertanya di mana limbah toilet pesawat dibuang? Apakah dibuang pada saat penerbangan tengah berlangsung?

Nah, untuk menjawab hal tersebut, seperti yang dilansir Indozone dari Express.co.uk yang mengutip pernyataan pilot bernama Patrick Smith dalam bukunya yang berjudul Cockpit Confidential, limbah toilet pada pesawat tidak dibuang dan tidak akan pernah dibuang pada saat penerbangan tengah berlangsung.

Jadi, toilet pesawat punya sistem pembuangan khusus yang canggih. Sistem pembuangan itu dikombinasikan dengan antara sistem vakum, sejumlah cairan sanitasi biru, serta non-stick coating, yaitu sistem pelapisan pada permukaan yang tidak menyebabkan lengket.

Seperti yang dikatakan oleh Tony King, Direktur Penjualan SkyKem, sebuah perusahaan penyuplai teknologi sanitasi dalam industri penerbangan mengatakan bahwa setiap toilet pesawat memiliki katup vakum yang sudah tersistem.

Sederhananya begini, limbah toilet kemudian akan masuk ke dalam sebuah tangki pembuangan khusus. Tangki pembuangan itu berisikan hal-hal sejenis yang berasal dari toilet.

"Pada saat Anda menyiram toilet, katup itu terbuka dan suara kencang yang muncul kemudian terjadi karena tarikan vakum atas limbah yang ada. Vakum menarik kotoran dari toilet dan menempatkannya ke sebuah tangki. Vakum itu dirancang sehingga limbah dan bau tidak enak kesemuanya bisa tersedot ke dalam tangki," Tony King menerangkan.

Kemudian, Smith juga menjelaskan bahwa setelah penerbangan berlangsung, limbah toilet kemudian akan disedot oleh sebuah truk limbah.

Namun, dia tidak memungkiri bahwa terkadang ada kasus di mana limbah pesawat tidak sengaja tercecer pada saat di tengah-tengah penerbangan.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Ananda Fakhreza Lubis

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU