The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada di Bali, Kafe Ini Sajikan Sensasi Ngopi Sambil Menyentuh Langsung Biota Laut
Bali Reef, coffee shop tawarkan ngopi sambil nyentuh biota laut. (Z Creators/Siti Munaroh)
Travel

Ada di Bali, Kafe Ini Sajikan Sensasi Ngopi Sambil Menyentuh Langsung Biota Laut

Kamis, 22 September 2022 17:04 WIB 22 September 2022, 17:04 WIB

INDOZONE.ID - Nongkrong di coffee shop mungkin merupakan hal yang sering dilakukan saat ini. Terlebih keberadaan Coffee Shop saat ini mulai menjamur khususnya di perkotaan. Namun apa jadinya jika coffee shop dipadukan dengan wisata edukasi touch pool yang berisi satwa laut seperti bintang laut dan hiu kecil. 

Touch Pool merupakan edukasi menyentuh satwa laut secara langsung. Yoshua Gersom Sinugroho selaku pemilik dari Bali Reef mengatakan touch pool ini dipungut sedikit biaya untuk maintenance ikan-ikan di Bali Reef. 

“Di sini adalah ikan-ikan yang langka dan dibutuhkan maintenance yang sangat tinggi. Kami ada orang-orang yang spesialis dan lulusan aquaris,” jelasnya, Senin (19/9/2022). 

ngopi sambil nyentuh binatang laut
Bali Reef, coffee shop tawarkan ngopi sambil nyentuh biota laut. (Z Creators/Siti Munaroh)

Untuk menemani touch pool ini Bali Reef mengeluarkan konsep kafe dengan menu utama kopi dan susu dengan aquariumnya karena visinya memberikan edukasi tentang aquatic pada pengunjung. 

Jadi masyarakat tidak perlu berenang ke laut untuk mengetahui bagaimana satwa laut unik seperti bintang laut dan hiu kecil. Terlebih ketika turun ke laut terdapat resiko dan biaya yang cukup mahal untuk diving. 

“Ke depannya pun kami ingin melakukan edukasi aquatic kepada anak-anak sekolahan dan komunitas. Harapannya supaya orang-orang lebih awareness tentang aquatic. Kita tidak ada pemungutan biaya karena ini retail basic atau toko aquarium,” tambahnya. 

ngopi sambil menyentuh biota laut
Bali Reef, coffee shop tawarkan ngopi sambil nyentuh binatang laut. (Z Creators/Siti Munaroh)

Jenis ikan yang dapat dilakukan touch pool yakni seperti ikan pari, bintang laut, teripang, dan hiu batik. Ikan-ikan tersebut dipilih karena lebih aman untuk disentuh. Sejauh ini pengunjung yang datang ke Bali Reef adalah pengunjung yang memang suka dengan bidang aquatic dan penghobi. 

“Additional-nya cafe dan main-nya adalah aquatic rentail dan experiencenya dalam touch pool. Sales kami pun sudah punya banyak knowledge tentang ikan-ikan di sini. Jadi, beberapa customer sambil touch pool mau menanyakan tentang ikan-ikan di sini bisa langsung menanyakan ke sales,” imbuhnya. 

Untuk biaya touch pool dibanderol dengan harga Rp20 ribu dan tidak ada durasi waktu untuk melakukan touch pool. Sejauh ini pengunjung nampak antusias terlebih anak-anak karena kebanyakan yang untuk melakukan touch pool adalah anak-anak. 

Orang tuanya pun senang karena mungkin saat ini anak-anak lebih banyak melakukan aktifitasnya di smartphone dan kurang berinteraksi dengan alam, sehingga touch pool ini merupakan salah satu pengalaman yang baru. 

bali reef
Bali Reef, coffee shop tawarkan ngopi sambil nyentuh binatang laut. (Z Creators/Siti Munaroh)

Dalam satu hari rata-rata pengunjung yang datang melakukan touch pool hingga 50 orang. Wisata touch pool ini baru dibuka pada Bulan Mei 2022 lalu. Biota-biota yang dijadikan satwa touch pool merupakan biota-biota yang bisa ditemukan di pesisir. Konsep di Bali Reef untuk mengintroduce orang tanpa mereka merasa takut biota ini beracun atau tidak. 

“Di touch pool ini kami ingin meng-introduce dengan lebih aman dan nyaman bahwa ini lho yang selalu ada di pesisir laut kita.  Dari sini mereka akan belajar untuk tanpa mengalami rasa takut karena mereka tahu yang kami currate di sini adalah binatang yang aman,” katanya. 

Menurutnya, edukasi untuk masyarakat Indonesia tentang laut itu kurang. Kebanyakan masyarakat lupa bahwa kita mempunyai sumber daya laut terbesar di dunia. Bali Reef ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WITA dan berlokasi di Jalan Hang Tuah Nomor 42, Sanur, Denpasar. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

 Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Siti Munaroh
Siti Munaroh

Siti Munaroh

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US