The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bayi Gorila Jantan Pertama Lahir Melalui Operasi Caesar di Kebun Binatang Boston
Bayi gorila yang lahir di kebun binatang Boston. (Travel and Leisure)
Travel

Bayi Gorila Jantan Pertama Lahir Melalui Operasi Caesar di Kebun Binatang Boston

Sabtu, 24 Oktober 2020 11:43 WIB 24 Oktober 2020, 11:43 WIB

INDOZONE.ID - Primata kecil, bayi gorila jantan pertama telah lahir di kebun binatang Boston dengan bantuan dokter melalui operasi caesar 14 Oktober lalu.

Pihak kebun binatang melakukan prosedur demikian karena sang ibu gorila, Kiki mulai mengalami pendarahan vagina beberapa hari sebelum tanggal kelahirannya.

"Tim dokter hewan di Zoo New England menjadi prihatin bahwa dia mungkin menderita plasenta previa, suatu kondisi di mana plasenta terletak di atas pintu masuk ke serviks, menghalangi jalur persalinan bayi," kata Franklin Park Zoo dalam rilis pers dikutip dari Travel and Leisure.

Setelah USG memastikan bahwa Kiki, menderita plasenta previa, dia pun menjalani operasi caesar oleh tim dokter hewan Zoo New England dan spesialis dari Rumah Sakit Brigham dan Wanita dan Sekolah Kedokteran Hewan Cummings di Universitas Tufts. 

Berkat kerja cepat dan bijaksana dari para profesional medis ini, Kiki menyambut seorang bayi laki-laki seberat 6 pon yang sehat.

"Untuk kesehatan ibu dan bayi, sangat penting untuk segera mendiagnosis kondisi Kiki dan melakukan operasi caesar sebelum dia melahirkan sendiri. Kami beruntung dapat segera memobilisasi tim yang luar biasa dengan rekan-rekan kami di Rumah Sakit Wanita dan Brigham dan Sekolah Kedokteran Hewan Cummings, "kata Dr. Eric Baitchman, Wakil Presiden Konservasi dan Kesehatan Hewan Kebun Binatang New England. 

"Ini benar-benar upaya tim, dan kami merasa lega dan bahagia karena operasinya berjalan lancar dan ibu serta bayinya selamat dan sehat."

Setelah lahir, staf kebun binatang merawat bayi Kiki yang saat ini belum mempunyai nama itu sehingga sang ibu punya waktu untuk pulih dari operasi. 

Duo ibu-anak ini bersatu kembali pada 15 Oktober dan telah membentuk ikatan yang kuat sejak saat itu. 

Kiki menjaga anak barunya dengan begitu dekat dan suka menggendongnya.
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US