The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Selain Candi Borobudur, Ini 5 Wisata Religi di Indonesia yang Diakui Dunia
Wisata religi di Indonesia. (Instagram/@alivikry/wikipedia)
Travel

Selain Candi Borobudur, Ini 5 Wisata Religi di Indonesia yang Diakui Dunia

Selasa, 07 Juni 2022 13:30 WIB 07 Juni 2022, 13:30 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa hari ini Candi Borobudur jadi perbincangan publik, lantaran tarif wisata ke wilayah candi naik jadi Rp 750 ribu. Kenaikan tarif wisata Candi Borobudur ini mendapat kritikan dari berbagai pihak.

Banyak yang berpendapat bahwa harga tersebut dinilai membebani perekonomian rakyat, bahkan dinilai tidak sejalan dengan prinsip pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19.

Terlepas dari tarif Candi Borobudur yang dianggap membebani rakyat. Artikel kali ini akan membahas beberapa wisata religi di Indonesia yang terkenal di dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini wisata religi di Indonesia yang enggak kalah terkenal dengan Candi Borobudur.

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan masjid terbesar keenam di dunia dalam kapasitas jamaah.

Baca juga: 4 Kampung Arab Paling Populer di Indonesia, Cocok untuk Wisata Religi saat Bulan Puasa

Masjid Istiqlal dibangun untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Masjid ini terletak di sebelah Lapangan Merdeka dan Katedral Jakarta serta Gereja Immanuel.

wisata religi
Wisata religi di Indonesia. (Instagram/@alivikry)

2. Pura Tanah Lot, Bali

Pura Tanah Lot merupakan salah satu Pura atau Tempat Ibadah Umat Hindu yang sangat disucikan di Bali. Di sana ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu.

Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Tak hanya itu, Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

3. Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto

Maha Vihara Mojopahit merupakan sebuah wihara yang terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

Di Maha Vihara Mojopahit ini terdapat Patung Buddha Tidur yang kini menjadi salah satu ikon wisata Mojokerto. Patung Buddha Gautama ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, serta tinggi 4,5 meter.

Patung ini menjadi patung Buddha terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga di Asia Tenggara.

wisata religi
Wisata religi di Indonesia. (wikipedia)

4. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah Masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia. Masjid Raya Baiturrahman ini menjadi simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh.

Masjid ini juga landmark Banda Aceh sejak era Kesultanan Aceh dan selamat dari bencana tsunami pada 26 Desember 2004 silam.

wisata religi
Wisata religi di Indonesia. (photo/ANTARA FOTO / Irwansyah Putra)

5. Patung Tuhan Yesus Memberkati, Toraja

Patung Tuhan Yesus Memberkati atau Patung Yesus Buntu Burake adalah patung Yesus Kristus yang terletak di puncak Bukit Buntu Burake di Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Patung Yesus ini merupakan patung Yesus yang tertinggi di dunia karena berada di atas bukit setinggi 1.700 meter di atas permukaan laut.  Patung Yesus sendiri memiliki tinggi badan sekitar 45 meter yang terbuat dari coran perunggu.

Nah, itulah beberapa wisata religi di Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US