Alasan Mengapa Jendela Pesawat Berbentuk Oval
Ilustrasi/Pexels
Travel

Alasan Mengapa Jendela Pesawat Berbentuk Oval

Selasa, 13 Agustus 2019 15:35 WIB 13 Agustus 2019, 15:35 WIB

INDOZONE.ID - Pernahkah kamu memikirkan mengapa jendela pada pesawat selalu berbentuk oval? Nah ternyata, hal itu ada alasan tersendirinya lho.

Jadi, jendela pesawat memang sengaja dibentuk oval karena mengikuti prinsip aerodinamika yang mana paling berhubungan dengan performa pesawat saat mengudara.

Bentul oval dianggap dapat menghindarkan jendela pesawat memiliki sudut tajam. Dalam penerbangan, sudut tajam adalah titik paling lemah yang bisa menyebabkan pesawat mengalami kecelakaan jika memperoleh tekanan udara yang begitu besar saat pesawat terbang lebih tinggi.

Sudut tajam itu juga membuat logam yang berada di sekitarnya mengalami tekanan dua hingga tiga kali lebih besar dibanding pesawat yang mengikuti prinsip aerodinamika, yaitu membuat jendela berbentuk oval.

Selain itu, jendela yang berbentuk oval bisa membuat pesawat lebih cepat saat mengudara yang berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar yang lebih sedikit.

Jendela berbentuk oval juga dapat mengurangi terjadinya retakan jendela akibat dari tekanan udara yang kuat saat berada di ketinggian.

TAG
Ananda Fakhreza Lubis
Ananda Fakhreza Lubis

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU