The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Mengapa Pesawat Dominan Bercat WarnaPutih
Ilustrasi pesawat berbadan warna putih. (REUTERS/Kacper Pempel)
Travel

Ini Alasan Mengapa Pesawat Dominan Bercat WarnaPutih

Sabtu, 16 Mei 2020 11:15 WIB 16 Mei 2020, 11:15 WIB

INDOZONE.ID - Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa badan pesawat dominan bercat warna putih? Bukan tanpa alasan, warna putih pada pesawat sangat erat hubungannya dengan suhu dari pesawat itu sendiri.

Menyadur Metro, warna putih pada badan pesawat sangat berhubungan dengan termal atau suhu dari pesawat. Warna putih dapat memantulkan sinar matahari kembali dan mencegah pesawat dari suhu panas yang berlebihan akibat matahari.

"Alasan utama, warna putih meminimalkan pemanasan dan kerusakan potensial dari radiasi matahari," kata R. John Hansman, ahli aeronautika dan astronautika.

pesawat warna putih
(REUTERS/Benoit Tessier)

Lalu, warna putih dapat menurunkan suhu pesawat lebih cepat ketika sudah mendarat. Selain itu warna putih berkaitan dengan alasan keamanan, sebab warna putih memudahkan pemeriksaan celah dan bagian lekukan badan pesawat.

Warna putih membuat tanda perubahan akibat adanya reaksi kimia jadi lebih mudah terlihat. Termasuk soal jika adanya kebocoran minyak.

Warna putih juga memiliki tujuan visual, yakni warna badan pesawat yang lebih cerah seperti putih dapat meningkatkan deteksi dan penghindaran dari burung. Namun, alasan ini bukan berarti pesawat yang berbadan gelap lebih berisiko.

"Perlahan akan muncul noda di badan pesawat yang artinya maskapai penerbangan harus menghabiskan waktu dan uang untuk memolesnya," kata Hansman.

"Jadi sebagian besar maskapai penerbangan menggunakan cat berwarna terang."

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda
JOIN US
JOIN US