The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mudahkan Perjalanan Internasional, Jepang Berencana Hadirkan Paspor Vaksin Digital
Ilustrasi perjalanan internasional dengan pesawat. (Freepik)
Travel

Mudahkan Perjalanan Internasional, Jepang Berencana Hadirkan Paspor Vaksin Digital

Jumat, 30 April 2021 14:20 WIB 30 April 2021, 14:20 WIB

INDOZONE.ID - Guna memudahkan orang yang telah divaksiniasi Covid-19 melakukan perjalanan internasional, Pemerintah Jepang berencana memperkenalkan paspor vaksin digital.

Dilansir Kyodo, Jumat (30/4/2021), paspor tersebut nantinya akan hadir dalam bentuk aplikasi smartphone. 

Wisatawan bisa memindai kode QR di bandara sebelum menaiki penerbangan atau saat memasuki negara tersebut.

Aplikasi ini akan terhubung dengan Sistem Catatan Vaksinasi, database pemerintah yang menunjukkan status vaksinasi orang-orang dan didasarkan pada CommonPass, sebuah aplikasi yang dikembangkan dengan melibatkan Forum Ekonomi Dunia.

Langkah ini diambil dengan harapan Jepang dapat melanjutkan perjalanan bisnis yang telah terhenti selama pandemi, bergabung dengan Uni Eropa, Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara dan Tiongkok.

Menteri yang bertanggung jawab atas upaya vaksinasi di Jepang, Taro Kono sebelumnya berpendapat bahwa mewajibkan sertifikasi vaksinasi dapat menyebabkan diskriminasi terhadap orang yang tidak dapat atau tidak mau menerima suntikan karena kemungkinan reaksi alergi atau efek samping.

Oleh sebab itu, demi menghapus kekhawatiran seperti itu, paspor vaksin juga akan mencantumkan hasil negatif dari reaksi berantai polimerase dan tes antigen.

Namun, skema tersebut diperkirakan tidak akan digunakan di dalam negeri, misalnya untuk masuk ke restoran atau menonton acara olahraga.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US