Di Balik Nyamannya Pelayanan KAI, Ada Petugas yang Siap Melayani

- Kamis, 22 September 2022 | 11:20 WIB
Potret porter dan petugas KAI di sebuah stasiun kereta (dok. KAI)
Potret porter dan petugas KAI di sebuah stasiun kereta (dok. KAI)

Dari tahun ke tahun, moda transportasi kereta api selalu menjadi primadona dan andalan bagi sebagian besar masyarakat untuk melakukan kegiatan.

Untuk itu KAI selaku penyedia jasa terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Berbicara tentang pelayanan tentu tak bisa dipisahkan dari para petugas yang menjadi garda depan. Para petugas inilah yang menjadi wajah pelayanan kereta api, baik di stasiun maupun di kereta.

Bagi kamu yang hobi naik kereta api, pasti sering menjumpai petugas-petugas yang selalu siap melayani baik di stasiun maupun di dalam kereta api. Siapa saja mereka? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Penampakan Kereta Api di Jepang Penuh dengan Penumpang, Netizen: Gak Cuma di Jakarta Aja!

1. PKD (Petugas Keamanan Dalam)

PKD memiliki tanggung jawab atas keamanan stasiun. Seorang PKD bertugas untuk mengontrol kondisi stasiun. Mereka juga mempunyai kewajiban memberikan pelayanan kepada penumpang yakni memberikan informasi yang akurat bila penumpang bertanya.

Oleh karena itu, seorang PKD juga dibekali dengan pengetahuan seputar fasilitas di stasiun dan jadwal keberangkatan kereta api. Apabila ada kejadian yang mengganggu keamanan dan keselamatan di stasiun, kamu bisa menghubungi PKD yang bertugas.

2. Customer Service on Station (CSOS)

CSOS memiliki tugas untuk memberikan layanan informasi dan menangani keluhan pelanggan di stasiun. CSOS harus memiliki jiwa melayani yang tinggi, cepat tanggap, dan mengerti kebutuhan pelanggan.

Jika kamu membutuhkan informasi terkait layanan, program-program KAI, keluhan, saran, serta kritik, kamu dapat menemui petugas CSOS.

3. Porter

Meski porter bekerja di lingkungan stasiun kereta api, jasa porter tidak dikelola langsung oleh KAI. Status pekerjaan porter di stasiun adalah freelance atau pekerja lepas yang dikoordinasikan oleh seorang ketua.

Namun, kehadiran porter dinilai sangat membantu. Kalau kamu membawa barang berat dan memerlukan bantuan, kamu bisa meminta tolong petugas porter yang ada di lingkungan stasiun ya.

4. Petugas Boarding

Sebelum menuju peron dan naik ke kereta, kamu wajib bertemu dengan petugas ini. Petugas boarding bertugas mengecek identitasmu dan berkas syarat perjalanan lainnya saat akan naik kereta api.

Jika cocok, maka kamu akan lolos boarding dan dapat menuju ke tahapan selanjutnya, yakni peron kedatangan kereta api. Kepada petugas boarding, kamu bisa bertanya terkait jadwal maupun posisi jalur kedatangan keretamu saat di stasiun.

5. Prama dan Prami

-
Prami dan penumpang dalam gerbong KAI (dok. KAI)

Prami dan prama atau pramugari atau pramugara kereta api, begitulah panggilan mereka. Prama dan prami bisa kamu temui saat kamu hendak naik kereta dan selama perjalanan.

Mereka bertugas menyambut para pelanggan yang akan masuk ke dalam kereta, menyajikan makanan dan minuman selama perjalanan, dan membagikan fasilitas seperti masker dan selimut untuk pelanggan. Mereka akan selalu siap menemani dan melayananimu dengan ramah.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

7 Tips Memilih Hotel untuk Liburan Bersama Keluarga

Minggu, 14 April 2024 | 13:10 WIB
X