The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Masjid Al-Aqsa Terancam Runtuh karena Penggalian yang Dilakukan Israel
Ilustrasi Mesjid Al-Aqsa di Yerusalem. (Instagram/@palestine_first_love).
Travel

Masjid Al-Aqsa Terancam Runtuh karena Penggalian yang Dilakukan Israel

Senin, 27 Juni 2022 14:30 WIB 27 Juni 2022, 14:30 WIB

INDOZONE.ID - Masjid Al-Aqsa merupakan kiblat pertama umat muslim dunia. Namun, situs suci bersejarah itu sedang dalam bahaya karena proyek  penggalian yang dilakukan Israel memungkinkan masjid runtuh.

Para pejabat di Masjid Al-Aqsa telah menyuarakan keprihatinan mendalam atas proyek Israel di situs suci tersebut yang telah menyebabkan retakan dan kerusakan pada struktur bangunan.

Dilansir Arab News, menurut Azzam Al-Khatib, direktur jenderal departemen Wakaf Islam dan Urusan Masjid Al-Aqsa di kota Yerusalem mengatakan bahwa masjid bisa runtuh jika proyek penggalian yang dilakukan Israel terus berlanjut.

Baca juga: China Minta Dunia Satu Suara soal Serangan di Masjid Al-Aqsa

Menurut para pejabat di sana, Israel telah melakukan proyek penggalian di bawah Masjid Al-Aqsa beberapa minggu, hal tersebut menyebabkan retakan muncul dan batu-batu copot dari dinding dan langit-langit.

"Ada penggalian yang berbahaya dan tidak diketahui, dan tidak ada yang tahu apa itu dan apa tujuannya. Kami melihat penghapusan sejumlah besar debu dan mendengar suara peralatan menggali dan pecahnya batu," kata Al-Khatib.

"Getaran menyebabkan jatuhnya beberapa batu dari langit-langit masjid di ruang sholat selatan," tambahnya.

Al-Khatib mencatat bahwa kegiatan serupa telah terjadi di masa lalu tetapi pekerjaan penggalian telah ditingkatkan dalam beberapa pekan terakhir.

"Kami khawatir tentang terowongan yang digali yang dapat menyebabkan runtuhnya Al-Aqsa. Jadi, kami memberi tahu Pengadilan Kerajaan Yordania, Kementerian Wakaf Islam Yordania, duta besar Yordania, dan yang paling penting, kami memohon kepada Raja (Yordania) Abdullah, penjaga tempat-tempat suci, untuk campur tangan dalam masalah ini," tambah Al-Khatib.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US