Inilah 5 Tempat Wisata Menarik di Karangasem
Pura Lempuyung Luhur. (Instagram/@travellingrussian)
Travel

Inilah 5 Tempat Wisata Menarik di Karangasem

Hmmm, jadi ingin liburan.

Astrid Dwijayanti
Selasa, 24 September 2019 15:20 WIB 24 September 2019, 15:20 WIB

INDOZONE.ID - Kabupaten Karangasem Bali menjadi lokasi reunian para mantan peserta Miss Universe 2015. Mereka yang hadir disana melakukan sejumlah kegiatan salah satunya mempromosikan sektor pariwisata Kabupaten Karangasem ke mata dunia.

Kabupaten Karangasem merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di sisi timur Pulau Bali. Kabupaten dengan luas wilayah 839,5 kilometer persegi tersebut juga memiliki daya tarik budaya yang tidak kalah menarik.

Beragam tempat wisata di Karangasem dapat menjadi destinasi utama yang wajib dikunjungi. Mungkin wisata di Karangasem belum sama pamornya dengan di Badung, Tabanan dan Kota Denpasar. Namun, Karangasem memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Berikut ini adalah tempat-tempat wisata Karangasem Bali yang sangat rekomendasi untuk dikunjungi:

1. Pantai Blue Lagoon

wisata karangasem
Blue Lagoon Bali. (Instagram/@wearekingingit )

Pantai yang berlokasi di Padang Bai Karangasem ini memiliki daya tarik. Wisata pantai ini memiliki pasir putih yang indah di bagian timur Bali. 

Kawasan pantai Blue Lagoon biasanya menjadi tempat favorit bagi para wisatawan mancanegara untuk menyelam atau snorkeling, juga aktivitas memancing. Di sekitar Pantai Blue Lagoon terdapat fasilitas penginapan.

2. Rumah Coklat di Karangasem

wisata karangasem
Rumah Coklat Karangasem. (Instagram/@dityeko)

Tempat ini dikenal juga dengan nama Bali Chocolate Factory, lokasinya di pinggir pantai desa Jasri Karangasem. 

Yang menjadi daya tarik di tempat ini adalah karena keindahan alam sekitarnya, pemandangan alam pantai Jasri yang indah serta rimbunan pohon kelapa yang menaungi tempat ini menjadikannya terlihat cantik, desain bangunan terlihat unik, termasuk miniatur kapal laut dan sepasang ayunan yang diikatkan pada pohon kelapa yang menjadi ikon menarik dari Rumah Coklat Karangasem ini.

Banyak kawula muda termasuk juga keluarga yang berkunjung ke sini untuk sekedar foto-foto selfie, padahal yang ditonjolkan di tempat ini tentunya adalah produk coklat yang diproduksinya. Wisata ke Bali Chocolate Factory akan lebih pas sambil menikmati secangkir coklat hangat yang disuguhkan.

3. Pura Lempuyang Luhur

wisata karangasem
Pura Lempuyang Luhur. (Instagram/@dos_domingos )

Pura Lempuyang Luhur berada di Desa Bunutan, Seraya Bar, Kecamatan Karangasem. Lokasi Pura Luhur Lempuyang ada di atas Bukit Bisbis atau Gunung Lempuyang di Karangasem. Pura Hindu ini terkenal karena terdiri dari 7 pura yang terletak di sepanjang lereng gunung.

Kamu harus mendaki lebih dari 1000 anak tangga untuk melihat indahnya pemandangan dari bukit, gunung berapi dan laut dari kejauhan.

Sebagai pura Hindu yang paling tua di Bali, Pura Luhur Lempuyang adalah pura pra sejarah bernuansa religi yang sangat indah. Ada banyak kesamaan antara kompleks pura ini dengan Pura Besakih yang adalah pura Hindu paling besar, paling suci dan paling penting di pulau Bali.

4. Wisata Bahari Yeh Malet

wisata karangasem
Yeh Malet Karangasem. (Instagram/@spiderlilyfalls)

Berlokasi di kawasan perbatasan antara Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Klungkung, Yeh Malet menawarkan panorama alam bernuansa biru dari pemandangan laut yang bisa dilihat di pinggir jalan.

Memang bukan pantai berpasir putih, tapi pasir hitam di pantai ini tetap bisa dijadikan favorit oleh para pengunjung, bahkan para penggemar kegiatan memancing bisa datang dan melakukan aktivitas tersebut di sini.

5. Taman Air Tirta Gangga

wisata karangasem
Taman Air Tirta Gangga. (Instagram/@chloe.nu)

Lokasi Taman Air Tirta Gangga berada di areal persawahan dan air yang berasal dari mata air yang bersumber dari mata air Rejasa. 

Tirta Gangga memiliki daya tarik dan ciri khas wisata Tirta Gangga Water adalah kebun dan kolam air serta patung. Berdasarkan sejarah taman air ini dibangun pada tahun 1963 dan pernah hancur karena meletusnya Gunung Agung. 

Tirta Gangga memiliki tiga tingkatan yaitu tingkat pertama ada mata air di pohon beringin, tingkat kedua ada kolam renang dan ketiga kolam hias dengan air mancur.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Astrid
Astrid

Astrid

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU