The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Angkasa Pura I Siap Beri Layanan GeNose C19 di Bandara Internasional Yogyakarta
Pelaksana Tugas Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Agus Pandu Purnama. (photo/ANTARA/Sutarmi)
Travel

Angkasa Pura I Siap Beri Layanan GeNose C19 di Bandara Internasional Yogyakarta

Rabu, 31 Maret 2021 08:50 WIB 31 Maret 2021, 08:50 WIB

INDOZONE.ID - Mulai Kamis 1 April 2021, PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikabarkan siap memberikan pelayanan tes GeNose Covid-19 bagi calon penumpang pesawat.

Hal tersebut dibenarkan oleh Pelaksana Tugas Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Selasa, (30/3/2021).

Dikatakan bahwa penerapan pemeriksaan dengan GeNose berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Pandu mengatakan Angkasa Pura I juga sudah melakukan simulasi penggunaan GeNose bagi karyawan internal YIA pada 18 Maret 2021 lalu. 

Simulasi ini merupakan tahap persiapan yang dilakukan operator bandara sebelum nantinya diputuskan mengenai kelayakan implementasi GeNose C-19 sebagai salah satu alat deteksi Covid-19 di bandara oleh regulator terkait di sektor transportasi udara.

"Kami dari pihak Bandara YIA sudah melakukan langkah-langkah antisipatif terkait pelaksanaan penggunaan GeNose. Kemudian, mulai 1 April pemeriksaan melalui GeNose untuk seluruh penumpang yang menggunakan Bandara Internasional Yogyakarta mulai diterapkan," katanya dikutip dari Antara.

Terkait tarif pelayanan GeNose, Agus Pandu menyatakan regulasi dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenhub belum memutuskan tarif resmi baik di Bandara Internasional Yogyakarta maupun bandara-bandara lainnya. 

Selain GeNose, pemeriksaan kesehatan melalui rapid test antigen juga masih disediakan oleh Bandara Internasional Yogyakarta.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US