The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Unik! Makassar Punya Perpustakaan Mirip Playground, Anak-Anak Dijamin Betah
Perpustakaan mirip taman bermain (Z Creators/Retno Mandriyarini)
Travel

Unik! Makassar Punya Perpustakaan Mirip Playground, Anak-Anak Dijamin Betah

Rabu, 19 Oktober 2022 18:44 WIB 19 Oktober 2022, 18:44 WIB

INDOZONE.ID - Peribahasa “buku adalah jendela dunia” bisa menjadi motivasi agar kita rajin membaca buku. Namun, nyatanya kebanyakan dari kita baru mulai suka membaca saat menginjak usia sekolah dasar.

Nah, di Makassar, Sulawesi Selatan, ada wadah untuk membiasakan anak usia dibawah lima tahun atau balita untuk gemar membaca nih. Namanya 'Perpustakaan Ibu dan Anak Sulawesi Selatan'.

Berlokasi di pusat kota, tepatnya di Jl. Mangkura, Ujung Pandang, Makassar, perpustakaan ini menghadirkan suasana yang berbeda.

perpustakaan ibu dan anak
Perpustakaan dengan konsep "menyenangkan" (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Perpustakaan Ibu dan Anak menyediakan buku-buku yang sangat menarik. Untuk balita, semua bukunya menggunakan hardcover dengan isi buku yang berwarna dan edukatif. 

Sedangkan buku untuk anak sekolah dasar berupa buku bacaan mengenai pengetahuan lingkungan dan alam seperti buku antariksa, buku pelajaran ilmu pengetahuan serta buku-buku dongeng.

perpustakaan ibu dan anak
Berdesain ceria dan penuh warna (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Bagi orang tua yang mendampingi anak-anaknya, perpustakaan ini menyediakan berbagai  jenis buku bacaan mengenai dunia parenting.

Saat berkunjung ke perpustakaan ini, kamu harus mengisi daftar hadir lalu menitipkan barang bawaan di tempat resepsionis. 

Ruang pertama perpustakaan selain sebagai ruang tamu dan ruang penitipan barang juga sebagai tempat untuk makan. 

Anak-anak bisa makan dan minum di ruangan ini agar enggak bercampur baur di tempat lain sehingga perpustakaan tetap bersih dan rapi.

perpustakaan ibu dan anak
Rak buku unik dan menarik (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Masuk ke ruang berikutnya ada ruang membaca dan bermain. Desain perpustakaan sangat menarik dan bercorak warna-warni. Ada replika pohon besar serta gambar hewan yang ditempel di dinding seperti gajah, jerapah, singa, dan lain-lain. Jadi, anak-anak akan disuguhi pemandangan seperti di hutan.

Hal unik lainnya yang ada di perpustakaan ini adalah permainan edukasi yang super lengkap di dalamnya. Berbagai jenis mainan ada di sini, mulai dari permainan bongkar pasang, lego, perosotan, sampai trampolin. Perpustakaan ini memang menghadirkan konsep belajar sekaligus bermain.

Konsep ini tentunya bisa membuat anak-anak enggak jenuh dan betah berlama-lama di perpustakaan. 

perpustakaan ibu dan anak
Menyediakan buku menarik dan edukatif (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Proses belajar sambil bermain juga bisa meningkatkan kemampuan anak-anak lho, baik dari aspek bersosialisasi, merangsang motorik kasar dan halus serta belajar membaca.

Perpustakaan ini buka dari Senin - Jumat jam 08.00-16.00 WITA.

Masuk ke dalamnya gratis. Berbagai fasilitas juga tersedia di sini, seperti lahan parkir yang luas, toilet serta musala yang bersih. Anak-anak juga bisa bermain permainan outdoor berupa jungkat jungkit, ayunan dan perosotan. 

Untuk masuk ke sini, anak berusia balita wajib didampingi oleh orang tua, ya!

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Retno Mandriyarini
Retno Mandriyarini
Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US