The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Yah! Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Mulai 14 sampai 24 Agustus, Kenapa?
Pintu masuk jalur pendakian Gunung Gede. (ANTARA/Ahmad Fikri)
Travel

Yah! Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Mulai 14 sampai 24 Agustus, Kenapa?

Jumat, 05 Agustus 2022 17:30 WIB 05 Agustus 2022, 17:30 WIB

INDOZONE.ID - Jalur pendakian Gunung Gede di Jawat Barat ditutup sementara mulai 14-24 Agustus. Apa alasannya?

Gunung Gede merupakan sebuah gunung api bertipe stratovolcano yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980.

Gunung Gede diselimuti oleh hutan pegunungan, hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis flora di Indonesia.

Objek wisata yang satu ini selalu menarik banyak wisatawan baik domestik maupun internasional.

Baca juga: Sederet Fakta Khansa Syahlaa, Pendaki Cantik yang Sudah 76 Kali Mendaki Gunung

Tapi, ada kabar tak menyenangkan dari Gunung Gede, mulai tanggal 14 sampai 24 Agustus 2022 Pengelola Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menutup seluruh jalur pendakian Gunung Gede Pangrango di wilayah Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat.

"Penutupan seluruh jalur pendakian dilakukan karena adanya prakiraan cuaca ekstrem dari BMKG yang harus diantisipasi, termasuk upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan serta dalam rangka pemulihan ekosistem di kawasan TNGGP," kata Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dikutip dari Antara.

Menurutnya, jalur pendakian Gunung Gede Pangrango melalui Gunung Putri, Cibodas, dan Salabintana semua ditutup dari 14 sampai 24 Agustus 2022.

"Kami siagakan seluruh petugas yang ada untuk melakukan pengawasan dan patroli di sejumlah titik rawan yang banyak dilalui pendaki ilegal," katanya.

Warga yang sudah mendaftar untuk melakukan pendakian ke Gunung Gede-Pangrango semasa jalur pendakian ditutup diminta melakukan perubahan jadwal pendakian.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Fitri
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US