The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Negara Paling Pelit di Dunia karena Jarang Berdonasi, Jepang Termasuk
Orang-orang berbelanja di area Shibuya. (REUTERS/Androniki Christodoulou)
Travel

5 Negara Paling Pelit di Dunia karena Jarang Berdonasi, Jepang Termasuk

Jepang hingga China.

Kamis, 01 Desember 2022 17:30 WIB 01 Desember 2022, 17:30 WIB

INDOZONE.ID - Dikenal sebagai salah satu negara terdisiplin dan bersih di dunia, siapa sangka Jepang ternyata juga dianggap sebagai negara paling pelit di dunia berdasarkan laporan dari Charities Aid Foundation (CAF).

Di laporan yang berjudul World Giving Index 2021: A Global Pandemic Special Report tersebut, Jepang menjadi negara yang paling jarang berdonasi atau beramal.

Laporan ini dibuat berdasarkan survei penduduk dunia selama masa pandemi berlangsung. Berikut daftar 5 negara terpelit di dunia karena jarang berdonasi:

1. Jepang

Jepang memang dikenal penuh dengan orang disiplin, tapi untuk urusan berdonasi. Charities Aid Foundation menempatkan Jepang berada di urutan ke 114 sebagai negara yang paling jarang berdonasi.

Selama ini, masyarakat Jepang sendiri dikenal cenderung hidup individualis. Penyebab lainnya Jepang jarang berdonasi juga bisa dikarenakan aturan pemberian amal yang cukup rumit.

Baca juga: Tradisi Anak Durhaka di Jepang, Mereka Bakal Buang Orang Tuanya yang Sudah Renta ke Hutan!

2. Portugal

Berdasarkan hasil survei Charities Aid Foundation, Portugal menempati posisi kedua dari bawah atau posisi ke 113 setelah Jepang sebagai negara terpelit. Cuma ada 37% masyarakat Portugal yang mau membantu bila dimintau pertolongan.

Hanya 13% masyarakat portugal yang berinisiatif memberi donasi ke lembaga amal.

3. Belgia

Belgia menempati posisi ke 112 sebagai negara terpelit di dunia. Cuma 25% masyarakatnya yang mau berdonasi ke lembaga amal. 15% lainnya rela meluangkan waktunya untuk menjadi relawan.

Baca juga: Tradisi Penguburan Aneh di Venuezela, Bubuk Mayat Dijadiin Sup Buat Dimakan Rame-rame

Budaya negara Belgia yang membuat negara tersebut sangat jarang berdonasi hingga akhirnya disebut sebagai salah satu negara terpelit di dunia.

4. Italia

Hanya 33% orang Italia yang mau mendonasikan hartanya ke lembaga amal dan hanya 9% masyarakat Italia yang bersedia meluangkan waktu untuk menjadi relawan.

Karena itulah Charities Aid Foundation menempatkan Italia di posisi ke 111 sebagai negara terpelit di dunia.

5. China

Negara dengan populasi terbanyak di dunia ini juga termasuk dalam negara paling jarang berdonasi. China bahkan menempati posisi terakhir atau urutan ake 140 sebagai negara yang jarang memberi.

Hanya 11% warga di China yang berdonasi dan hanya 6% yang memberikan sumbangan berupa uang dan jadi relawan.

Negara-negara tersebut ternyata masih kalah dengan Indonesia. Fyi, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara paling dermawan sedunia.

Bahkan, Indonesia sudah 5 kali berturut-turut dijuluki sebagai negara paling dermawan sejak tahun 2018.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US