Banyak Kesamaan Antara Bahasa Indonesia dan Portugis, Ini Buktinya!
depositphotos
Travel

Banyak Kesamaan Antara Bahasa Indonesia dan Portugis, Ini Buktinya!

Kamis, 05 September 2019 17:37 WIB 05 September 2019, 17:37 WIB

INDOZONE.ID - Sebagaimana kita ketahui, Indonesia merupakan negara jajahan dari beberapa bangsa Eropa, salah satunya adalah Portugis.

Sebagai negara jajahan, tidak sedikit peninggalan-peninggalan bangsa penjajah yang hingga kini masih dapat kita lihat dan rasakan. Misalnya saja bangunan-bangunan sisa kolonial. Selain itu, ada peninggalan yang selalu kita gunakan sehari-sehari, yaitu bahasa.

Belum lama ini, sebuah jaringan radio Australia, SBS Radio mengunggah konten menarik di laman akun Twitter-nya. Konten itu berisikan tentang kesamaan beberapa kosa kata antara Bahasa Indonesia dan Portugis yang dibawakan oleh dua orang penyiar dari dua anak jaringan SBS, yaitu SBS Portugis dan SBS Indonesia.

Seperti yang dapat dilihat dalam video berdurasi singkat itu, kedua penyiar tersebut menerjemahkan beberapa kosa kata bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia dan Portugis.

Kata pertama yang harus diterjemahkan keduanya adalah kata Auction. Dalam Bahasa Indonesia artinya Lelang, sementara dalam Portugis artinya Leilao yang dibaca mirip dengan pengucapan Lelang. Keduanya tampak terkejut dan melanjutkan sesi permainan terjamahan bahasa tersebut dengan seru.

Dirangkum dari video tersebut, berikut kesamaan beberapa kosa kata Bahasa Indonesia dan Portugis

  1. Bendera - Bendeira
  2. Sepatu - Sapatos
  3. Keju - Queijo
  4. Mentega - Menteiga
  5. Natal - Natal
  6. Tinta - Tinta
  7. Jendela - Jenela
  8. Sabtu - Sabado
  9. Boneka - Boneca
  10. Pita - Fita
  11. Meja - Mesa
  12. Garpu - Garfo

Bicara tentang kesamaan antara Bahasa Indonesia dan Portugis, hal itu tentu saja bukanlah sesuatu yang mengherankan. Mengingat, bangsa Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang datang ke Kepulauan Nusantara pada abad ke-16.

Sementara itu, lingua franca atau bahasa ibu dari orang-orang Nusantara pada saat itu adalah Bahasa Melayu yang kosa katanya banyak menyerap bahasa Portugis. Jadi tidak heran jika Bahasa Indonesia yang berakar dari Bahasa Melayu memiliki kedekatan dengan Bahasa Portugis.

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU