The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hore! Thailand Bakal Longgarkan Aturan Masuk Turis Asing, Kebijakan Masker Dicabut
Wat Arun Thailand (travelgayasia.com)
Travel

Hore! Thailand Bakal Longgarkan Aturan Masuk Turis Asing, Kebijakan Masker Dicabut

Senin, 20 Juni 2022 12:15 WIB 20 Juni 2022, 12:15 WIB

INDOZONE.ID - Negeri Gajah Putih, Thailand berencana melonggarkan aturan masuk bagi turis asing. Hal itu menyusul upaya kebangkitan pariwisata setelah pandemi COVID-19.  

Mengutip dari CNA, kabar soal rencana pelonggaran aturan tersebut diumumkan Pusat Administrasi Situasi COVID-19 Thailand (CCSA) pada Jumat, 17 Juni 2022.

Menurut laporan tersebut, para turis nantinya tetap akan mengisi Thailand Pass, yaitu online platform  untuk menyerahkan dokumen dan informasi sebelum masuk ke negara tersebut.

Baca juga: Surga Introvert! Prefektur Tottori Jepang, Kampung Halaman Detektif Conan yang Menenangkan

Di mana para turis tetap harus menunjukkan bukti vaksinasi COVID-19 atau hasil tes COVID-19 negatif. Bukti tersebut akan diperiksa staf maskapai sebelum keberangkatan.

Dengan negara yang mendekati tahap endemi COVID-19, CCSA mengatakan bahwa pihaknya telah memutuskan untuk menghapus lebih banyak pembatasan yang sebelumnya diberlakukan.

Sung Nong Nooch (kienthuc.net.vn)
Sung Nong Nooch (kienthuc.net.vn)

Masker masih akan direkomendasikan untuk masyarakat umum, tapi tidak wajib di luar ruangan, kecuali jika area tersebut ramai atau tidak berventilasi baik.

Untuk lingkungan dalam ruangan, masker akan terus dibutuhkan. Namun, menurut CCSA, orang bisa melepas masker saat beraktivitas tertentu, seperti makan, berolahraga, menerima perawatan atau servis yang melibatkan area wajah, serta seni pertunjukan.

Lebih lanjut, saat ini belum dikonfirmasi kapan langkah untuk melonggarkan tindakan memakai masker akan diperkenalkan.

Wat Arun (travelgayasia.com)
Wat Arun (travelgayasia.com)

Tanggal perubahan kebijakan masker, bersama perubahan peraturan lainnya yang direkomendasikan, kemungkinan akan diumumkan di Royal Gazette, yang dapat diterbitkan segera setelah rapat Kabinet minggu depan.

Pemerintah Thailand juga memperbaharui daftar negara yang warganya bisa masuk tanpa karantina COVID-19. Indonesia yang sebelumnya tidak masuk, kini telah masuk dengan sejumlah syarat.

Aturan yang Berlaku

The Grand Place (bangkok.com)
The Grand Place (bangkok.com)

Menurut CCSA, tempat hiburan malam nantinya juga akan diizinkan beroperasi seperti biasa, berdasarkan peraturan pra-pandemi. Ini berarti tempat-tempat tertentu akan dapat memperpanjang operasinya hingga pukul 2 pagi, sementara yang lain akan terus tutup pada tengah malam.

Pemeriksaan suhu di gedung tidak lagi diperlukan, kecuali jika area tersebut berisiko tinggi menularkan COVID-19.

Untuk pertemuan sosial, juru bicara CCSA Taweesin Visanuyothin mengatakan, tes antigen hanya akan diperlukan untuk individu yang diduga mengidap COVID-19.

"Tes antigen hanya dilakukan pada kasus-kasus mencurigakan yang menunjukkan gejala pernapasan. Jika berkumpul lebih dari dua ribu orang, harap beri tahu komite penyakit menular di provinsi atau di Bangkok untuk memantau dan mencegah penularan," bebernya.

Sementara itu, menurut Sekretaris Tetap Kementerian Kesehatan Masyarakat Dr. Kiattipoom, Thailand berencana mencabut kewajiban penggunaan masker di luar ruangan pada pertengahan Juni 2022. 

“Keputusan mencabut mandat penggunaan masker diambil dengan mempertimbangkan situasi COVID-19 di Thailand yang terus membaik. Meski demikian, kami masih membuat catatan tertentu,” kata Kiattipoom, seperti dikutip dari laman The Thaiger. 

Setelah mandat dicabut, Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand tetap merekomendasikan warga untuk tetap memakai masker dalam tiga situasi.

Ketiga situasi itu adalah jika terinfeksi COVID-19 atau berada dalam kelompok berisiko tinggi, di ruang tertutup dan berventilasi buruk, serta di tempat ramai.
 
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US