The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Pergi Liburan
Ilustrasi traveling (Pexels/Tranmautritam)
Travel

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Pergi Liburan

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Jumat, 06 Desember 2019 13:56 WIB 06 Desember 2019, 13:56 WIB

INDOZONE.ID - Memasuki akhir tahun, banyak orang yang bersiap untuk pergi liburan. Mereka berlibur mengunjungi wisata lokal atau luar negeri. 

Liburan akhir tahun akan membuat kamu rileks dan siap mengarungi awal tahun. 

Saat bersiap untuk liburan, kemas barang yang akan kamu bawa dengan efisien, cukup bawa barang-barang yang kamu anggap penting dan jangan bawa barang berlebih seperti ingin pindahan ya. 

Sebelum meninggalkan rumah untuk liburan, ada baiknya kamu mengecek seluruh bagian rumah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ya.

1. Bersihkan peralatan dapur 

Ilustrasi dapur (Pexels/Jean van der Meulen)
Ilustrasi dapur (Pexels/Jean van der Meulen)

Sebelum pergi liburan pastikan kamu sudah mencuci piring dan berbagai peralatan dapur. 

Jika tidak, selesai liburan nanti akan ada yang menyambut kamu dengan bau tidak sedap. Belum lagi ada kemungkinan makanan akan berkerak dan menempel sempurna pada piring, yang membuat dua kali lebih sulit untuk dibersihkan. 

Apalagi jika kamu tidak membuang sampah yang ada di dapur, bukan hanya mengeluarkan aroma makanan yang tidak sedap, tetapi juga akan ada semut yang mengerubungi bekas atau sisa makanan, lho

Pastikan bersihkan area dapur, buang sampah, serta buang spons cuci piring agar tidak banyak bakteri menumpuk di dapur. 

2. Bagikan jadwal liburan kamu 

Ilustrasi tujuan liburan (Pexels/Thanakorn Phanthura)
Ilustrasi tujuan liburan (Pexels/Thanakorn Phanthura)

Saat liburan nanti, biarkan beberapa orang yang kamu percaya tahu kamu akan pergi ke mana dan kapan. Kemungkinan besar kamu akan menerima pesan dari mereka jika dirasa mereka perlu menghubungi kamu. 

Kamu juga bisa memberi tahu waktu penerbangan dan nomor kontak tempat di mana kamu akan tinggal selama liburan. Agar bisa dihubungi kapan pun, jangan lupa untuk membawa power bank untuk mengisi daya ponsel kamu. 

3. Nyalakan lampu rumah di beberapa titik

Ilustrasi lampu (Pexels/Valeria Boltneva)
Ilustrasi lampu (Pexels/Valeria Boltneva)

Saat bepergian kamu mungkin akan mematikan lampu di kamar atau seluruh rumah. 

Tetapi, coba pikirkan kembali, apa cara termudah untuk mencegah pencuri masuk rumah? Buat mereka ragu bahwa rumah yang kamu tinggali adalah rumah kosong. 

Caranya, investasikan satu set timer untuk ruang TV dan kamar tidur. Atur lampu untuk menyala di beberapa waktu. Juga tinggalkan radio yang disetel, suara-suara yang ada bisa membantu mencegah seorang pencuri masuk ke rumahmu. 

4. Cabut listrik peralatan elektronik 

Ilustrasi peralatan elektronik (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi peralatan elektronik (Pexels/Pixabay)

Peralatan elektronik menjadi penyedot listrik terbanyak selama penggunaan, cabut segala sesuatu yang tidak akan digunakan saat kamu pergi.

Alat elektronik seperti mesin cuci, pengering, televisi, komputer, pemanggang roti dan pembuat kopi. Peralatan tersebut masih dapat mengonsumsi energi saat dicolokkan dan tidak digunakan.

Jangan lupa juga matikan AC atau kipas angin sebelum mengunci kamar ya. Ini waktu yang tepat untuk kamu menghemat listrik, lho

5. Buat salinan dokumen penting

Ilustrasi dokumen penting (Pexels/Omar Markhieh)
Ilustrasi dokumen penting (Pexels/Omar Markhieh)

Sebelum bepergian cek kembali paspor, visa, dompet atau dokumen penting lainnya. 

Mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan, pastikan fotokopi dokumen penting, kemas dokumen asli dan fotokopi secara terpisah. 

Pastikan untuk meninggalkan informasi perjalanan dengan keluarga kamu, terutama jika pergi ke tempat yang rawan. Selain itu, ada baiknya sebelum bepergian, kamu menukarkan mata uang ke negara yang akan dituju. 

Itu dia 5 hal yang bisa kamu lakukan sebelum meninggalkan rumah dan bersiap liburan. Mau rencana berlibur ke mana nih, Sahabat Indozone?

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Indozone
Bela

Bela

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US