Bagaimana rasanya jika dalam sebuah penerbangan long-haul dan tiba-tiba mendengar suara pekikan dari bayi yang menangis? Tentu kondisi itu membuat siapapun merasa tidak nyaman.
Namun, kondisi itu tampaknya bisa dihindari bagi penumpang dari sebuah maskapai penerbangan asal Jepang, Japan Airlines. Maskapai tersebut lewat fitur yang bernama Smile Support dapat memberi tahu penumpang lain di mana keberadaan kursi yang diduduki oleh balita di bawah usia dua tahun, dengan begitu penumpang lain dapat memilih kursi yang jauh dari posisi si balita itu.
Kehadiran fitur itu sebenarnya sudah lama ada. Namun, baru viral di sekarang ini setelah salah seorang netizen mengunggah cerita pengalamannya menggunakan layanan tersebut lewat media sosial Twitternya.
Thank you, @JAL_Official_jp for warnings me about where babies plan to scream and yell during a 13 hour trip. This really ought to be mandatory across the board.
— Rahat Ahmed (@dequinix) September 24, 2019
Please take note, @qatarairways: I had 3 screaming babies next to me on my JFK-DOH flight two weeks ago. pic.twitter.com/kQYQFIqqCD
"Terima kasih JAL-Official-jp karena telah memperingatkan saya tentang dimana akan ada teriakan bayi selama perjalanan 13 jam. Ini benar-benar harus diterapkan oleh seluruh maskapai," cuit akun bernama Rahat Ahmed itu.
Mengenai layanan tersebut, juru bicara Japan Airlines pun angkat bicara. Dia mengatakan, pelayanan serupa bukanlah sesuatu hal yang baru dan bukan hanya Japan Airlines saja yang menggunakannya.
Misalnya saja, maskapai ANA melalui juru bicaranya juga mengatakan bahwa mereka juga memiliki layanan hal yang sama seperti menunjukkan peta tempat duduk di mana ada seorang balita di bawah usia dua tahun di pesawat.